Iklan

Iklan

Lantamal I Gelar Serbuan Vaksinasi di Pelabuhan Nelayan Gabion Belawan

Kamis, 19 Agustus 2021, 8/19/2021 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Belawan - Untuk mencapai target program pemerintah terkait vaksinasi sebanyak 70%, sesuai dengan jumlah penduduk Indonesia bisa tervaksin supaya dapat kekebalan komunal (Herd Immunity) dari virus Covid-19, TNI AL Lantamal I Belawan menggelar serbuan vaksinasi Covid-19 dosis ke-2 kepada masyarakat maritim di Pelabuhan Nelayan Gabion Belawan, tepatnya di depan Pos TNI AL Gabion, Kamis (19/08/2021).


Kegiatan ini sesuai dengan Instruksi Panglima TNI untuk melaksanakan serbuan vaksinasi Covid-19 TNI ke Wilayah 34  Provinsi secara serentak dan masif di wilayah kerja masing-masing.


Untuk menindaklanjuti instruksi tersebut, Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. memerintahkan kepada seluruh jajaran satuan TNI Angkatan Laut dimanapun berada untuk menggelar serbuan vaksinasi massal, khususnya kepada masyarakat maritim yang berada diwilayah pesisir, masyarakat nelayan di pulau-pulau terpencil, pelabuhan-pelabuhan,   
komplek-komplek perumahan TNI AL dan Kampung Bahari Nusantara binaan Dispotmar TNI AL.


Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 kali ini dilaksanakan di Pelabuhan Nelayan Gabion Belawan, untuk melengkapi vaksinasi dosis pertama yang sebelumnya sudah dilaksanakan oleh Lantamal I untuk masyarakat maritim di wilayah Gabion Belawan.



Komandan Pangkalan Utama TNI AL I (Danlantamal I) Belawan Laksamana Pertama TNI Achmad Wibisono, yang diwakili oleh Wadan Lantamal I meninjau langsung kegiatan vaksinasi yang digelar di Pelabuhan Nelayan Gabion tersebut.


"Kegiatan vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan saat ini untuk dosis ke-2, dimana sebelumnya sudah dilaksanakan vaksinasi tahap pertama. Hal ini sesuai dengan program pemerintah, dimana TNI dan Polri bersinergi dapat dipercaya untuk mensukseskan program pemerintah tersebut, supaya dapat mencapai 70 persen lebih penduduk Indonesia yang harus cepat divaksin agar mendapatkan kekebalan komunal (Herd Immunity) terhadap virus Covid-19," kata Danlantamal I.


"Bagi masyarakat yang sudah divaksin baik itu dosis pertama maupun dosis yang kedua harus tetap menjaga protokol kesehatan, tetap menggunakan masker, jaga jarak tidak berkerumun dan selalu mencuci tangan," pungkas Danlantamal I.


Hadir dalam peninjauan kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan di Pelabuhan Nelayan Gabion depan Pos AL Gabion Belawan para Pejabat Utama dan Kasatker Lantamal I.


Serbuan vaksinasi Covid-19 dosis ke-2 ini sudah disiapkan 500 dosis vaksin, untuk nelayan yang baru pulang melaut di Gabion.



Sementara itu, Pangkalan Utama TNI AL I Belawan (Lantamal I) sudah menggelar vaksinasi massal dibeberapa tempat di wilayah Kota Medan, Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Simalungun, dan Kabupaten Tapanuli Utara.


Hingga sampai dengan saat ini, Lantamal I sudah melaksanakan vaksinasi pertama dan kedua kepada masyarakat maritim dan pesisir, serta Keluarga Besar TNI Angkatan Laut sebanyak 20.555 orang, ditambah sore hari ini sekitar 500 orang.


Dalam pelaksanaan vaksinasi nelayan Gabion tetap dilaksanakan sesuai prosedur kesehatan Covid-19, dimana masyarakat setelah selesai divaksin dihimbau untuk tetap tinggal ditempat untuk menjalani observasi selama 30 menit, guna mengetahui reaksi Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) atau efek samping dari vaksin Covid-19.


Dengan tujuan, apabila terjadi gejala yang tidak diinginkan akan dapat ditangani dengan cepat, dan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, seperti harus memakai masker, menjaga jarak dengan tidak bergerombol, hal itu yang selalu dingatkan oleh anggota Babinpotmar, Yonmarhan I dan personel Pomal yang ikut membantu dalam mengatur peserta vaksinasi.


Untuk mendukung pelaksanaan kegiatan  vaksinasi nelayan Gabion, disiapkan tenaga kesehatan sebagai vaksinator sebanyak 2 Tim, 1 Tim dari Dinas Kesehatan Lantamal I dan 1 Tim dari RSAL Komangmakes.*


(Red)

Sumber : Dispen Lantamal I

TerPopuler

> Whatsapp-Button