Iklan

Iklan

Quick Response, Batalyon C Pelopor Brimob Sumut Bantu Korban Banjir di Nias Utara

Selasa, 17 Agustus 2021, 8/17/2021 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Nias Utara - Tingginya intensitas hujan mengakibatkan debit air Sungai Muzoi, Ehau, dan Tomula meluap. Akibatnya, luapan banjir merendam sejumlah rumah warga.

Merespon bencana tersebut, Batalyon C Pelopor Sat Brimob Polda Sumut turun ke lokasi bencana dalam rangka berikan bantuan kepada masyarakat korban banjir di Kabupaten Nias Utara.

Dibawah komando Danyon C Pelopor Sat Brimob Polda Sumut Kompol Buala Zega, S.H., M.H., personil Brimob saling bahu membahu membantu masyarakat.

"Bersama dengan Kapolres Nias AKBP Wawan Iriawan, personil gabungan lakukan Bhakti Sosial di daerah Lotu Kabupaten Nias Utara, dengan membagikan paket sembako dari Polda Sumut dan Bhayangkari," ujar Kompol Buala Zega, Selasa (17/8/21).


Adapun penyerahan bantuan kepada masyarakat yang terkena musibah banjir diberikan pada Posko Desa Hilimbisi Kabupaten Nias Utara. 

"Untuk Posko pengungsian berjumlah 5 Posko. Posko didirikan guna membantu masyarakat melakukan aktivitas pembersihan dan menyediakan kebutuhan pangan," terangnya.

Sesuai dengan motto Korps Brimob Polri, Jiwa Ragaku Demi Kemanusiaan dan itulah yang kami lakukan hari ini dengan hadir langsung di tengah saudara kita yang sedang tertimpa musibah di wilayah Kabupaten Nias Utara. 

"Koordinasi dan bersinergi dengan kewilayahan untuk membantu baik proses evakuasi maupun penyaluran sembako guna meringankan beban warga," tutup Kompol Buala Zega.

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nias Utara melaporkan, tinggi muka air hingga 200 cm.


Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Nias Utara, Herman mengatakan, sebanyak 4 kecamatan terdampak banjir akibat meluapnya 3 sungai pada Minggu, 15 Agustus 2021 tersebut, yaitu Kecamatan Lahewa Timur, Alasa, Lotu dan Sitolu Ori.

"Masih dilakukan kaji cepat serta pendataan kerugian materil akibat banjir," kata Herman, Senin (16/8/2021). 

BPBD Kabupaten Nias Utara melaporkan, bahwa cuaca di sekitar lokasi kejadian mendung dan beberapa wilayah lain masih dilanda hujan ringan.

Berdasarkan prakiraan cuaca tiga hari ke depan mulai Minggu hingga Selasa 17 Agustus yang dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), wilayah Sumatera Utara didominasi cuaca berawan dan hujan ringan.*

(Red/Hms)

TerPopuler

> Whatsapp-Button