Iklan

Iklan

Yayasan Kanker Indonesia Kabupaten Langkat Gelar Periksa Iva Test di Puskesmas

Kamis, 19 Agustus 2021, 8/19/2021 WIB
Oleh Berita

SNIPERS.NEWS | Langkat - Ketua Pengurus Cabang Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kabupaten Langkat Tiorita Terbit Rencana, meninjau pelaksanaan USG ibu hamil,  pemeriksaan Iva Test bagi pasangan usia subur, serta pemberian makanan tambahan ibu hamil, bayi dan balita, di Puskesmas Selesai, Kecamatan Selesai, Langkat, Rabu (18/8/2021). 

Dikesempatan itu, Tiorita yang juga selaku Ketua TP PKK Langkat mengatakan, layanan kesehatan gratis ini pertama kali diselenggarakan, yang bekerjasama YKI dengan Dinkes Langkat. 

Harapannya, melalui pemeriksaan Iva Test, bisa mendeteksi penyakit kanker serviks sejak dini, yang menjangkit organ terpenting wanita.

Ia juga sangat berharap, agar seluruh perempuan di Langkat melakukan Iva Test guna mendeteksi dan mencegah kanker serviks sejak dini. 

"Mari periksakan diri kita ke Puskesmas pakai Iva Test, untuk mengetahui positif pra kanker atau tidak," jelasnya. 

Sembari menyampaikan, pertahun sebanyak 490 ribu perempuan dari seluruh dunia, terkena kanker serviks. Ada sekitar 80 persen penderitanya berasal dari negara berkembang, termasuk Indonesia. 


Robby Deritawan selaku Camat Selesai mengatakan sangat berterima kasih kepada Ketua TP PKK Kabupaten Langkat, yang mempercayakan Puskesmas Kecamatan Selesai melaksanakan kegiatan ini.

Ikut mendampingi Ketua YKI Langkat, Wakil Ketua TP PKK Langkat Roro Endang Indra Salahuddin beserta pengurus. 

Turut hadir Camat Selesai Robby Deritawan Sitepu dan Forkopimcam Selesai, Kapus Puskesmas Selesai Eli Erna, Kepala Desa dan undangan lainnya.*

(Dian)

TerPopuler

> Whatsapp-Button