Bintara Otsus Kodim 0822 Kunjungi Situs Megalitikum Pekauman

Sabtu, 04 September 2021, 9/04/2021 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Bondowoso - Ada destinasi wisata edukasi, yakni kawasan megalitikum peninggalan zaman prasejarah.
Di Kabupaten Bondowoso ada sebuah tempat wisata yang bisa bikin wisatawan seperti kembali ke zaman prasejarah. Inilah situs Pekauman yang jadi kawasan megalitikum.

Pasiter Kodim 0822/Bondowoso Kapten Arm Yonaidi Desianto dan pendamping pelatih serta 11 Dikjurba Bintara Otsus Kodim 0822 berkunjung ke situs megalitikum yang bertempat di Desa Pekauman Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso, Sabtu (4/9/2021). 

Pasiter Kodim 0822/Bondowoso mengatakan bahwa tujuannya datang ke tempat tersebut ingin mengetahui pemanfaatan peninggalan kebudayaan megalitikum di Desa Pakauman sebagai media pembelajaran. Hasil dari kunjungan ini adalah bahwa peninggalan kebudayaan megalitikum di Desa Pakauman Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran khususnya mata pelajaran sejarah baik di tingkat SD, SLTP, SLTA, dan Perguruan Tinggi serta prajurit TNI AD. 

"Pekauman merupakan nama sebuah desa yang terletak di Kecamatan Grujugan. Di desa ini, terdapat ratusan titik atau lokasi yang terdapat benda-benda peninggalan zaman batu kuno maupun tradisi megalitik," kata Kapten Yonaidi.

Kapten Yonaidi juga memaparkan bahwa di Desa Pekauman tersebut juga terdapat Pusat Informasi Megalitikum Bondowoso (PIMB). "Tempat yang dikelola langsung oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bondowoso ini merupakan cagar budaya yang memiliki koleksi puluhan hingga ratusan benda peninggalan zaman prasejarah," pungkasnya.*

(suwaris)

Sumber : Pendim 0822 Bondowoso.

TerPopuler

> Whatsapp-Button