Iklan

Iklan

BPBD Bondowoso Bekali Dikjurba Otsus Kodim 0822 Pembinaan Tanggap Bencana

Kamis, 09 September 2021, 9/09/2021 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Bondowoso - Guna mengantisipasi bencana yang terjadi secara Nasional, Kodim 0822/Bondowoso bekerja sama dengan BPBD Bondowoso melaksanakan kegiatan pembinaan masyarakat tanggap bencana tahun anggaran 2021 bagi Dikjurba Bintara Otsus dengan tema "Bersama TNI Meningkatkan Kesadaran Dan Kesiapsiagaan Masyarakat Dalam Menghadapi Terjadinya Bencana Alam”, bertempat di halaman BPBD Bondowoso Jl. Raya Jember Bondowoso Desa Sukowiryo Kecamatan Bondowoso Kabupaten  Bondowoso, Kamis (9/9/2021). 

Mewakili Dandim 0822/Bondowoso, Pasiter Kapten Arm Yonaidi Desianto menyampaikan, bahwa ditinjau dari letak geografis dan struktur geologi/kebumian, Indonesia termasuk wilayah rawan terhadap  bencana yang sewaktu-waktu dapat terjadi di luar dugaan. "Antara lain gempa bumi tektonik, aktifitas vulkanik, banjir, tanah longsor, angin topan, tsunami, dan kebakaran," tuturnya. 

Bencana (disaster) merupakan fenomena sosial akibat kolektif atas komponen ancaman atau bahaya (hazard) yang berupa fenomena alam atau buatan di satu pihak, dengan kerentanan (vulnerability) komunitas pihak lain. Ancaman berangsur, terduga dan dapat dicermati atau ancaman musiman yang datang setiap periode waktu tertentu (seasionality). 

"Semoga ilmu yang hari ini didapat oleh 11 Dikjurba Bintara Otsus Kodim 0822/Bondowoso dapat bermanfaat dan berguna masyarakat Papua," pungkasnya.*

(suwaris)

Sumber : Pendim 0822 Bondowoso.

TerPopuler

> Whatsapp-Button