Bupati Simalungun Lakukan Kunker di Kecamatan Silou Kahean

Kamis, 23 September 2021, 9/23/2021 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Simalungun - Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga, S.H., M.H., bersama Ketua TP PKK Ny. Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kecamatan Silou Kahean Kabupaten Simalungun, Sumut, Kamis (23/09/2021).

Di Kecamatan Silou Kahean, Bupati yang juga didampingi Anggota DPRD Simalungun Saida Purba dan Karvan Saragih serta Camat Silou Kahean Jansimeon Sipayung meninjau kegiatan haroan bolon (gotong royong) yang dilaksanakan secara serentak oleh masyarakat di kecamatan itu. 

Dari kunker itu, terlihat Nagori yang melaksanakan kegiatan gotong royong secara serentak diantaranya Nagori Silou Dunia, Silou Paribuan, Bandar Maruhur, Damakkitang, Nagori Nagori Tani, Nagori Nagori Dolok.

Terlihat masyarakat nagori-nagori tersebut bersatu padu dan secara bersama-sama melakukan perbaikan jalan yang berlubang melalui swadaya sepanjang lebih kurang 35 Km, mulai Nagori Silou Dunia yang merupakan perbatasan Kabupaten Serdang Bedagai dengan Kabupaten Simalungun menuju Nagori Tinggi Raja.

Jalan yang menjadi sasaran kegiatan gotong royong merupakan jalan kabupaten, dimana sebagian besar kondisi jalan tersebut sangat memprihatinkan dan bahkan badan jalan mengalami longsor.

Saat berada di lokasi longsor, tepatnya di Nagori Tani,  Bupati Simalungun menyaksikan kondisi badan jalan yang nyaris putus jika tidak segera dilakukan penanganan. 

Melihat kondisi jalan itu, Bupati Simalungun langsung menerintahkan Kadis PU Benny Saragih dan Plt BPBD Bob Presly Saragih yang turut dalam kunjungan itu untuk segera melakukan perbaikan bekerjasama dengan pihak PTPN III Silou Dunia. 


"Segera kita tangani ini, jika tidak segera kita tangani dikhawatirkan jalan ini akan putus. Jalan ini merupakan akses bagi masyarakat untuk melaksanakan bernagai aktifitas," kata Bupati dihadapan Kadis PU dan Plt BPBD, sembari memerintahkan Pangulu Nagori Tani untuk mengerahkan masyarakat melakukan gotong royong, mengatasi sementara badan jalan.

Saat berada di Nagori Nagori Tani, Bupati bersama ketua TP PKK meletakkan batu pertama dalam pembangunan parit pasangan. 

"Parit jalan ini juga kita bangun agar air tidak mengalir ke badan kalan. Jangan hanya merawat atau membangun jalan, akan tetapi yang utama adalah parit jalan. Ini harus kita rawat, agar air lancar sehingga tidak meluap ke badan jalan," kata Bupati. 

Dikesempatan itu, Bupati mengajak kepada masyarakat khususnya yang diperatauan, yang telah mapan untuk turut berpartisipasi membangun kampung halaman, sehingga Simalungun ke depan lebih maju. 

Selama dalam perjalanan disetiap nagori yang di singgahi, Bupati menyampaikan apresiasi kepada masyarakat yang telah melaksanakan gotong royong untuk memajukan nagorinya. 

"Ayo kita tetap semangat membangun kampung halaman kita, demi Kabupaten Simalungun yang maju dan sejahtera. Jangan lupa tetap menjalankan protokol kesehatan," ujarnya. 

Turut serta mendampingi Bupati antara lain,  Kadis PNPM Sarimuda Purba, Kadis Perindag Harmedin Saragih, Kadis Hanpang Pardomuan A Sijabat, Plt Kadis PSDA Djamahaen Purba, Kabag Protokol Iwan Purba dan Forkopimcam.*

(PN)

TerPopuler

> Whatsapp-Button