Bupati Simalungun Tinjau Haroan Bolon di Nagori Totap Majawa dan Bah Jambi II

Tuesday, September 14, 2021, 01:03 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Simalungun - Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga, S.H., M.H. meninjau pelaksanaan haroan bolon (gotong royong) yang dilaksanakan oleh masyarakat dan anak rantau dari Nagori Bah Jambi II dan Nagori Totap Majawa Kecamatan Tanah Jawa Kabupaten Simalungun, Sumut, Senin (13/9/21).

Dalam peninjauan tersebut, Bupati menyampaikan apresiasi kepada masyarakat Nagori Totap Majawa, Nagori Bah Jambi II dan para perantau yang secara bersama-sama bahu membahu malaksanakan gotong royong untuk memperbaiki infrastruktur jalan dengan swadaya.

"Ke depan, bagaimana pencapaian pembanguan di Simalungun sesuai dengan visi dan misi kita rakyat harus sejahtera segera terwujud. Untuk itu, mari sama-sama kita bangun daerah kita ini agar lebih maju kedepannya," kata Bupati.

Dalam kesempatan itu, secara pribadi Bupati juga memberikan bantuan dana sebesar Rp. 10 juta untuk mendukung pelaksanaan gotong royong di Nagori Totap Majawa dan Bah Jambi II. Bupati juga berkenan menuangkan campuran batu pecah, basir dan semen ke jalan untuk dirabat beton.

"Saya sudah hampir 5 milyar membantu haroan bolon diseluruh wilayah Simalungun. Jadi jangan RHS saja, tetapi seluruh warga Simalungun yang telah mapan diperantuan, mari sama-sama kita bangun kampung halaman kita ini agar lebih maju dan sejahtera," kata Bupati.

Bupati juga meminta kepada panitia haroan bolon agar benar-benar melaksanakannya sesuai dengan ketentuan, sehingga jalan yang kita perbaiki dapat lebih bermanfaat. "Ke depan kita menginginkan seluruh jalan di Simalungun menjadi layak jalan," tandasnya. 


Kegiatan haroan tersebut dikoordinir langsung oleh kedua Pangulu Nagori tersebut, Camat Tanah Jawa melaksanakan haroan bolon (gotong royong) memperbaiki jalan yang rusak. 

Lokasi yang menjadi sasaran kegiatan haroan bolon itu yakni jalan penghubung Nagori Bah Jambi II, Totap Majawa dan Marubun Jawa serta menghubungkan dengan Nagori Bah Jambi III.

Telihat masyarakat secara bahu membahu, bersatu padu dengan tekad yang sama yakni memajukan nagori, melaksanakan gotong royong memperbaiki jalan dengan material batu pecah, pasir dan semen yang berasal dari anak rantau Nagori Bah Jambi II dan Totap Majawa. 

Pangulu Totap Majawa Erlisa Sinaga dalam sambutannya mebyampaikan, bahwa semangat haroan bolon sudah tertanam dihati masyarakat Nagori Totap Majawa dan Bah Jambi II, dalam menyelesaikan berbagai persoalan di masyarakat. Tidak hanya mengatasi kerusakan jalan, juga mengatasi masalah banjir yang sering melanda di kedua nagori ini. 

"Konsep haroan bolon membangun Simalungun yang digagasi oleh Bapak Bupati sangat didukung oleh masyarakat kami, termasuk anak rantau dari kedua nagori ini," ujar Erlisa sembari berharap kepada Pemkab Simalungun untuk memberikan dukungannya dalam mengatasi banjir yang sering melanda Nagori Totap Majawa dan Bah Jambi II 

Erlisa mengatakan, konsep marharoan bolon ini semakin menumbuhkan jiwa semangat gotong royong, rasa persatuan dan kesatuan ditengah-tengan masyarakat untuk kemajuan nagorinya. 

Tampak hadir mendampingi Bupati antara lain Staf Ahli Bupati Bidang Perekonomian dan Pembangunan Debora DPI Hutasoit,  Asistem Perekonomian dan Pembangunan Ramadhani Purba, Kadis Hanpang A Sijabat, Kadis Kominfo Wasin Sinaga, Plt Kadis PSDA Jamahaen Purba, Camat Tanah Jawa Parolan Sidauruk, Danramil Balimbingan Kapten Chb BJ Tampubolon, Pangulu Nagori Bah Jambi II Indra AP Saragih dan Pangulu Totap Majawa Erlisa Sinaga.*

(PN)

TerPopuler