Iklan

Iklan

Butuhi Air Bersih Untuk Warga, PDAM Tirta Agara Lakukan Penambahan IPA di Lawe Bulan

Sabtu, 11 September 2021, 9/11/2021 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Agara - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PDAM Tirta Agara lakukan pemasangan penambahan Instalasi Penampungan Air (IPA) di Desa Lawe Kinga, Kecamatan Lawe Bulan, Kabupaten Aceh Tenggara (Agara), guna keperluan masyarakat yang sampai saat ini belum tersentuh aliran air.

Pemasangan IPA tersebut meliputi 5 Desa yang ada di wilayah Kecamatan Lawe Bulan, diantaranya Desa Terutung Tempilun, Desa Simpang Empat, Desa Pasir Penjengaan, Desa Kuta Galuh Asli dan Desa Pasir Gala.

Sebelumnya, PDAM Tirta Agara belum pernah melakukan penanaman pipa ataupun jalur air di wilayah desa tersebut, sejak berdirinya Perusahaan Air Minum di Kabupaten Agara.

Kini, di bawah kepemimpinan Edi Sabara, S.E., yang akrap di sapa Bang Jon ini, PDAM Tirta Agara mencoba untuk berbenah di hampir seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Aceh Tenggara.

Kepada awak media Snipers.news, Jumat (10/09/21), Edi Sabara mengatakan, saat ini sudah ada beberapa lokasi IPA di Kabupaten Agara, yakni di Kecamatan Babussalam, Kecamatan Lawe Harum, Kecamatan Simpang Semadan, Kecamatan Babul Makmur dan Kecamatan Bukit Tusam.


"IPA inilah yang kita jadikan penyuplai air untuk kebutuhan masyarakat sehari - hari, dengan memasang pipa SR (Saluran Air) ke rumah - rumah dan menambah alat meteran ke rumah pelanggan yang membutuhkan air. Dengan pemasangan meteran, pelanggan bisa menghemat penggunaan air secukupnya. Kita selaku pengelola BUMD bisa mengecek meteran, berapa rupiah pelanggan melakukan pembanyaran perbulan," ucap Edi Sabara.

"Nah dengan begitu, kita selaku pengelola BUMD ikut berkontribusi menambah PAD (Pendapatan Asli Daerah) di Agara, apa lagi di musim wabah Covid-19 saat ini, kan lumanyan dapat menambah PAD buat Kabupaten Aceh Tenggara dengan adanya penambahan IPA ini," ucapnya menambahkan.

Pembangunan IPA di tahun 2021 ini, jelas Edi Sabara, pengelola PDAM Tirta Agara sifatnya hanya mengusulkan, kemudian dinas terkait mengusulkan ke pihak LKPP (Lembaga Kebijakan Barang / Jasa Pemerintah).

Lalu, katanya, LKPP melakukan pelelangan,  maka pihak rekanan/pihak ketiga mengikuti tender/pelalangan, dan selanjutnya pemenang akan melaksanakan pembangunan IPA yang diusulkan.

"Dengan ini saya selaku Direktur BUMD PDAM Tirta Agara berharap kepada Pemerintah Daerah, agar sudi kiranya memberikan pengelolaan atas telah bertambahnya IPA di Desa Lawe Kinga  tersebut ke pihak PDAM Tirta Agara," pungkasnya.*

(Har/Dalisi)

TerPopuler

> Whatsapp-Button