Danrem 022/PT Bersama Bupati Simalungun Lakukan Panen Perdana Padi Sawah Di Nagori Raja Maligas 1

Tuesday, September 14, 2021, 09:49 WIB
Oleh Berita

Danrem 022/PT bersama Bupati Simalungun laksanakan Panen Bersama

SNIPERS.NEWS | Pematangsiantar
Siantar – Danrem 022/PT Kolonel Inf Parlindungan Hutagalung S.A.P yang diwakili Plh Kasi Ter Korem 022/PT Mayor Inf H Batubara  Bersama Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga SH MH melakukan panen perdana tanaman padi sawah di Nagori Raja Maligas I Kecamatan Huta Bayuraja Kabupaten Simalungun, Sumut, Selasa ( 14/09/2021).

Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga SH MH dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kecamatan Huta Bayuraja merupakan salah satu kecamatan penyumbang komoditas lahan pangan di Simalungun khususnya padi sawah. “Kedepan kita menginginkan petani ini berdaulat, minimal mampu menghidupkan daerahnya sendiri,” kata Bupati di hadapan awak media usai melaksanakan panen perdana.



Dikatakan bahwa, dahulu Simalungun terkenal dengan lumbung beras di Sumatera Utara. “Kedepan, kita inginkan kembali julukan sebagai lumbung padi untuk daerah Simalungun, dengan cara melakukan perbaikan sarana dan prasarana pendukung, peningkatan pertumbuhan tanaman pangan khususnya tanaman padi di Simalungun,” ujar Bupati.

Menurut Bupati, Pemkab Simalungun telah membangun komunikasi dengan pemerintah pusat untuk membantu Simalungun dalam penanganan irigasi, karena kondisi irigasi di Simalungun sebagian besar rusak berat, sehingga berdampak banyaknya petani di Simalungun beralih tanaman, terutama di daerah Simalungun bawah.
“Kedepan, kita akan benahi saluran irigasi dan juga dalam pendistribusian yang benar pupuk bersubsidi. Dan ini disambut baik oleh petani yang sudah mengalihkan tanamannya dari padi ke tanaman lain, sehingga kita harapkan akan mengembalikan Simalungun dengan julukan penghasil padi di Sumatera Utara. Ini merupakan PR kita bersama-sama,” kata Bupati.

Disampaikan Bupati bahwa kedepan pemerintah akan melakukan pemetaan terkait dengan lahan-lahan pertanian, sehingga ketersediaan pangan di Simalungun tetap terjaga. “Kita juga telah bertemu dengan menteri Pertanian RI terkait dengan kemajuan pertanian di Simalungun, termasuk peningkatan kuota subsidi agar sesuai dengan kebutuhan pertanian di Simalungun, baik alat-alat pertanian, benih, pemeliharaan sarana dan prasarana pertanian,” ujarnya.

Sebelumnya Kadis Pertanian Ruslan Sitepu dalam laporannya menyampaikan, luas baku lahan pertanian di Kecamatan Huta Bayuraja 3.300 H dan luas baku lahan pertanian di Nagori Raja Maligas I seluas 500 Ha yang terdiri dari 17 kelompok tani. Produksi yang diperoleh dari hasil ubinan oleh petugas mantis BPS Kecamatan Huta Bayuraja, lahan yang dipanen saat ini yaitu sebesar 10,4 Ton/Ha, dengan menggunakan pupuk berimbang yakni urea, SP-36, KCL, ZA dan menggunakan pupuk cair.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga menyerahkan bantuan pupuk untuk demplot padi sawah kepada kelompok tani Godung Tani Kecamatan Huta Bayuraja, Kelompok Tani Berdikari Kecamatan Siantar, Kelompok Tani Bangun Jaya Kecamatan Pematang Bandar. Untuk petani Hortikultura diserahkan kepada Kelompok Tani Bunga Tani Kecamatan Purba dan Kelompok Tani Sinar Tani Kecamatan Purba. 

Plh Kasi Ter Korem 022/PT Mayor Inf H Batubara  juga menambahkan "Peran TNI dalam ketahanan pangan merupakan wujud kemanunggalan TNI dan rakyat dalam upaya membantu pemerintah daerah membantu peningkatan perekonomian masyarakat di wilayah.
TNI Khususnya Korem 022/PT akan mendukung peningkatan perekonomian nasional khususnya tanam padi,"pungkasnya.

Turut mendampingi Bupati dalam panen perdana tersebut antara lain, ,Ketua DPRD diwakili Benfri Sinaga, Mewakili Dandim 0207/Simalungun Kapten Chb BJ Tampubolon, Kadis Pertanian Ruslan Sitepu, Kadis Hanpang Pardomuan A Sijabat, Plt Camat Huta Bayuraja Edward Girsang dan mewakili Kapolsek Aiptu E Panjaitan dan dihadiri antara lain oleh Staf Ahli Bupati bidang Perekonomian dan Pembangunan Debori DPI Hutasoit, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ramadhani Purba, Kadis Kominfo Wasin Sinaga, Kabag Protokol Iwan Purba serta disaksikan masyarakat Kecamatan Huta Bayuraja.

( Raiyan  )

TerPopuler