Hari Raya Tumpek Landep, Polres Gianyar Upacarai Seluruh Kendaraan Operasional dan Senjata

Saturday, September 11, 2021, 10:38 WIB
Oleh Snipers.news.com

SNIPERS.NEWS | Gianyar - Polda Bali, Polres Gianyar, Hari raya Tumpek Landep yang jatuh pada, Sabtu (11/9/2021) ini, Polres Gianyar upacarai seluruh kendaraan operasional dan senjata. Hal ini dilaksanakan sesuai makna hari raya Tumpek Landep yakni sebagai wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, Ida Sanghyang Widhi Wasa, dalam wujud Dewa senjata atau Hyang Pasupati. 

Kasubbag Faskon Polres Gianyar, AKP I Made Artawa saat ditemui di sela-sela upacara mengatakan bahwa pelaksanaan upacara terhadap kendaraan operasional dan senjata di Polres Gianyar ini dilaksanakan sebagai wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam wujud Dewa Senjata atau Hyang Pasupati. 


"Jadi, hari ini merupakan hari raya Tumpek Landep kita melaksanakan upacara terhadap semua kendaraan operasional serta senjata di Polres Gianyar sebagai wujud rasa syukur kita kepada Ida Sanghyang Widhi Wasa dalam wujud beliau sebagai hyang pasupati atau Dewa Senjata," ujarnya. 


Kendaraan operasional yang diupacarai ini terdiri dari kendaraan roda empat maupun roda dua, "Barang atau benda yang terbuat dari besi wajib diupacarai pada hari raya Tumpek Landep ini," katanya. 

Sedangkan Kapolres Gianyar, AKBP I Made Bayu Sutha Sartana SIK.,MH  mengatakan bahwa dalam tugas sehari-hari kepolisian armada sangat penting. "Pada saat Hari Raya Tumpek Landep ini kita anggota Polres Gianyar laksanakan persembahyangan memohon keselamatan dalam menjalankan tugas, khususnya saat menggunakan kendaraan operasional maupun senjata," tandasnya.

(Agung DP/Iskandar/Hms)

TerPopuler