Iklan

Iklan

Jajaran Polres Donggala Terus Lakukan Patroli KKYD Baik Siang dan Malam Hari

Minggu, 12 September 2021, 9/12/2021 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Donggala - Sat Samapta Polres Donggala melalui Tim UPRC Regu II melaksanakan Patroli Blue Light KKYD, guna  mencegah penyebaran Virus Covid-19 dengan mendatangi tempat - tempat keramaian dan yang dianggap rawan terjadi tindak pidana.


Dalam giat tersebut, petugas juga mengajak masyarakat menjaga Kamtibmas dan adaptasi kebiasaan baru, agar tetap disiplin mentaati Prokes Covid-19, Sabtu 11  September 2021 dimulai pukul 20.00 Wita s/d selesai.


Patroli KKYD yang dilakukan Sat Samapta Polres Donggala ini dipimpin Kasat Samapta Iptu Fadly, dengan menyasar Pasar Malam di Desa Loli Pesua. Sebab, tempat hiburan tersebut dianggap rawan terjadi penyebaran Covid-19.


Dengan adanya Patroli KKYD yang dilakukan Sat Samapta, dapat mengurangi terjadinya angka kejahatan dan penyebaran Covid-19 di Kota Donggala.


Giat itu juga sesuai Inpres No. 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19, lalu
Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 41 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, level 2 dan level 1.


Juga berdasarkan Surat Edaran Gubernur Sulawesi Tengah Nomor 443/545/Din.kes tertanggal 28 Juni 2021 dalam upaya memperkuat pengendalian Covid-19 di seluruh Wilayah Sulteng.


Kemudian didukung Perbup Donggala Nomor 31 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan, sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Corona Virus Disease Covid-19.


Serta Surat Edaran Bupati Donggala Nomor :44010344/BAG.UMUM/2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3 untuk pengendalian penyebaran Corona Virus Disease Covid-19 di Kabupaten Donggala.


Pada kesempatan itu, petugas juga menghimbau untuk selalu melaksanakan 5 M, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas.


"Sebanyak enam (6) Personil Sat Samapta UPRC Regu II melakukan Patroli malam hari sesuai perintah pimpinan, agar masyarakat merasa aman dan nyaman," ucap Kasat Samapta Iptu Fadly saat di hubungi awak media.



"Sasaran Patroli KKYD yang kita kunjungi yakni tempat aktivitas keramaian masyarakat. Dan anggota kita menyambangi masyarakat, agar selalu mematuhi Prokes, serta mengajak masyarakat menjaga Kamtibmas di lingkungan masing-masing," ucapnya kembali.


Sat Samapta terus mengingatkan Penggunaan Masker kepada masyarakat, dan terus melakukan sosialisasi penyekatan PPKM Level 3 kepada warga masyarakat pemilik usaha.


"Kita juga melakukan sosialisasi Layanan Polri Call Center 110 (Bebas Pulsa)," terang Iptu Fadly.


Tak hanya itu, pihaknya selain melakukan himbauan kamtibmas, protokol kesehatan serta PPKM Level 3 kepada warga masyarakat, juga mengingatkan agar menggunakan masker selama beraktifitas di luar, serta waspada berhati-hati beraktivitas di malam hari saat musim penghujan.


Dialog edukasi waspada isu berita hoax, mengajak warga masyarakat lakukan Vaksinasi di tempat Kesehatan Puskesmas Gerai Polri Presisi yang melakukan pelayanan Vaksin, juga disosialisasikan ke warga.


Dengan adanya kegiatan Patroli Blue Light ini, ke depan dapat menekan angka kriminalitas serta penyebaran Virus Covid-19. Dan diharapkan situasi Kamtibmas Kota Donggala tetap aman dan kondusif.


"Diharapkan kepada masyarakat Kota Donggala dan pengunjung tempat - tempat keramaian untuk mengurangi aktifitasnya diluar rumah, dan tetap mematuhi protokol kesehatan mengingat Pandemi Covid-19 belum usai," harap Iptu Fadly.


Iptu Fadly juga berharap, dengan keberadaan call center 110, agar penggunaannya nanti benar-benar memanfaatkannya sesuai dengan kebutuhan, bukan untuk memberikan informasi-informasi yang tidak jelas atau kesannya mempermainkan petugas.


"Sehingga, apa yang kita harapkan dapat berjalan dengan baik," pintanya.


Dg Raja, salah seorang warga masyarakat Donggala sangat mengapresiasi kegiatan tersebut, walaupun cuaca akhir-ahir ini tidak bersahabat di musim penghujan.


"Sesuai Presisi Polri, kami siap melayani dan mengayomi masyarakat serta memberi keamanan dan kenyamanan dilingkungan sekitar," tutup Iptu Fadli.*


(Yudi/Hms)

TerPopuler

> Whatsapp-Button