Kades Kalianyar Bagikan Batik Asli Tamanan

Rabu, 22 September 2021, 9/22/2021 WIB
Oleh TAUFIQ PERS


SNIPERS.NEWS | Bondowoso -
Wujud cinta tanah air, batik merupakan salah satu kekayaan sekaligus identitas Bangsa Indonesia yang sudah ditetapkan oleh UNESCO. Menetapkan batik sebagai warisan budaya sejak 2 Oktober 2009. Sejak itu pula, setiap tanggal 2 Oktober diperingati
sebagai Hari Batik Nasional.

Sebagai upaya pelestarian batik, Eva Anggraini selaku Kepala Desa Kalianyar Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso, bagi-bagi batik sebanyak 50 buah kepada ibu-ibu muslimah di desanya, Selasa (21/9/2021).

"Bagi-bagi batik ini telah kami lakukan sebelum menjabat kades dan sampai saat ini sudah ke empat kalinya, artinya niat berbagi kepada ibu-ibu muslimah sebagai wujud kepedulian dan pelestarian terhadap produk batik asli Tamanan," jelas Eva Anggraini.

Aris Wasiyanto dalam kesempatan tersebut sangat mendukung langkah Kades Kalianyar untuk melestarikan batik Tamanan.

"Kami akan bersinergi dengan beberapa pihak termasuk kepala instansi dan kepala desa se Kecamatan Tamanan agar turut serta melestarikan Batik Tamanan dengan membeli dan memakai dalam acara formal maupun non formal," terang Camat Tamanan.

Menurutnya, dalam beberapa pekan ke depan, akan berkirim surat kepada dinas atau instansi terkait termasuk jajaran kepala desa di wilayahnya. "Hal ini dilakukan bahwa batik asli Tamanan bisa dikenal masyarakat lokal bahkan dikenal hingga nasional," pungkasnya.*

(Suwaris)

TerPopuler

> Whatsapp-Button