Kapolda Kepri Tinjau Vaksinasi Massal dan Baksos Alumni Akpol 1997

Senin, 20 September 2021, 9/20/2021 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Batam - Kapolda Kepri Irjen Pol. Drs. Aris Budiman, M.Si., tinjau vaksinasi massal dan Bhakti Sosial alumni Akademi Kepolisian (Akpol) 1997 Wira Pratama di Mako Ditpolairud Polda Kepri, Senin (20/9/2021).


Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini Senin 20 September 2021 sampai dengan hari Rabu 22 September 2021 secara serentak di seluruh Indonesia, yang dibuka langsung oleh Kapolri. Hal tersebut disampaikan oleh Dirpolairud Polda Kepri AKBP Marudut Liberti Panjaitan, S.I.K., M.H.


Kegiatan diawali dengan sambutan dari Ketua Angkatan Akpol 97 Wira Pratama Kombes Pol. Tubagus Ami P, yang menyampaikan bahwa kegiatan vaksinasi massal dan Bhakti Sosial ini merupakan wujud loyalitas dan dukungan pemerintah.


"Terutama atas program Bapak Presiden Republik Indonesia serta aktualisasi dari himbaun Bapak Kapolri kepada seluruh alumni Akademi Kepolisian untuk saling membantu dan berbagi kepada masyarakat yang terdampak dari pandemi Covid-19," ucap Kombes Tubagus.


Dilanjutkannya, "dalam kegiatan bakti sosial ini, kami fokuskan kepada vaksinasi sebanyak 63.400 orang dengan sasaran masyarakat, pelajar dan disabilitas yang belum melaksanakan vaksinasi," lanjutnya.


Adapun pembagian Bansos terdiri dari sembako sebanyak 33.353 paket seharga Rp. 150.000., serta voucher sembako indomart dan alfamart sebanyak 1000 voucher seharga Rp. 100.000., dan 1.997 voucher kuota internet sebesar 14 Gb untuk pelajar dan mahasiswa.



"Kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan di 3 negara berupa pembagian Bansos paket sembako masing-masing sebanyak 100 paket, yang ditujukan kepada tenaga kerja dan mahasiswa melalui rekan-rekan kami yang menjadi LO pada negara-negara tersebut," ucap Ketua Angkatan Akpol 97 Kombes Pol. Tubagus Ami P.


Kegiatan yang digelar di 34 Polda jajaran dan tiga negara yakni, Malaysia, Saudi Arabia dan Turki itu wujud partisipasi dalam membantu masyarakat di tengah pandemi virus Corona.


"Tentunya saya memberikan apresiasi kepada adik-adik saya angkatan 97 di seluruh wilayah, yang telah ikut berpartisipasi dalam melaksanakan kegiatan vaksinasi dan bansos kepada masyarakat Indonesia, yang saat ini sedang menghadapi situasi sulit," tutur Kapolri Jenderal Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si.


Dalam kesempatan ini, Kapolri mengingatkan agar jajaran Kepolisian terus bekerja optimal membantu Pemerintah dalam rangka pengendalian pandemi, diantaranya melalui penerapan kebijakan PPKM level 1 hingga 4 di wilayah seluruh Indonesia.


Strategi pengendalian diharapkan betul-betul dikawal sehingga efektif, bukan hanya dari sisi angka penurunan kasus Covid-19, melainkan juga jalannya pertumbuhan ekonomi masyarakat.


Strategi pengendalian virus corona, kata Kapolri, diantaranya penegakan protokol kesehatan dengan 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak), penguatan 3T (tracing, testing, treatment) dan percepatan vaksinasi.


"Bagaimana kami kembali menuju ke kehidupan normal dan mengembalikan ekonomi yang sempat menurun karena situasi Covid-19. Di satu sisi bagaimana aktivitas masyarakat dalam rangka mengembalikan pertumbuhan ekonomi tetap bisa terkendali dan angka Covid-19 tidak naik lagi," jelasnya.



"Ini menjadi tantangan kami dan menjadi kebijakan Pemerintah untuk mengatur antara gas dan rem agar seimbang," ujar Kapolri Jenderal Listyo.


Sementara, Kapolda Kepri mengucapkan terima kasih kepada para tenaga kesehatan dan relawan yang turut serta membantu untuk mensukseskan kegiatan ini, dan mengapresiasi apa yang dilakukan alumni Akpol 97.


"Adapun untuk Provinsi Kepri kami memberikan 5.000 paket sembako dan 5.000 vaksin dosis 1 dan 2 kepada masyarakat," kata Kapolda Kepri.


Tak hanya Kapolda, Dir Polairud Polda Kepri AKBP Marudut Liberti Panjaitan, S.I.K., M.H. juga memaparkan, bahwa paket sembako yang diberikan berupa Beras 2 Kg, Gula 2 Kg, Minyak Goreng 2 Liter, dan Susu 2 Kaleng.


"Dengan rincian, untuk di Kota Batam sebanyak 1.500 paket sembako, Kota Tanjungpinang 1000 paket, Kabupaten Bintan 500 paket, Kabupaten Karimun 500 paket, Kabupaten Lingga 500 paket, Kabupaten Natuna 500 paket serta Kabupaten Kepulauan Anambas 500 paket," kata AKBP Marudut.


Kegiatan Vaksinasi Massal yang dilaksanakan di Mako Ditpolairud Polda Kepri Sekupang Kota Batam dimulai pada jam 08.00 wib sampai dengan jam 15.00 Wib.


Adapun jenis vaksin yang diberikan kepada masyarakat pada hari ini yaitu dengan jenis Vaksin Sinovac, Astrazeneca dan Moderna dosis 1 dan 2.


"Kita berharap, dengan adanya bantuan dari Alumni Akademi Kepolisian Angkatan 97 ini, semoga bisa mewujudkan program vaksinasi nasional yang ada di wilayah Kepri, serta sekaligus membantu masyarakat yang terdampak Pandemi Covid-19," tutup AKBP Marudut.*


(Rianto/Hms)

TerPopuler

> Whatsapp-Button