Kemen PPPA Diminta Turun Tangan Atasi Kasus Bocah Disodomi 10 Pria di Medan

Sunday, September 12, 2021, 01:17 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Deli Serdang - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kementerian PPPA)  diminta turun tangan atasi kasus bocah disodomi oleh sepuluh pria dewasa di Medan. 

Penegasan itu disampaikan Ketua Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kabupaten Deli Serdang Junaidi Malik, menjawab pertanyaan wartawan soal kasus sodomi tersebut. 

"Kasus sodomi dialami korban yang masih berusia 10 tahun tidak lagi bisa dipandang sebelah mata. Oleh karenanya, Kemen PPPA diharapkan berperan dalam memecahkan persoalan ini," tegas Junaidi Malik dihubungi melalui sambungan telepon seluler, Sabtu (11/9/2021).

Menurut Junaidi, kasus sodomi ini menuntut perhatian serius dari Kemen PPPA, indikatornya karena korban sangat membutuhkan pendamping serius, mulai Psikiater sampai siskologi.

"Kami (LPA dan pengacara hukum korban) yang menangani kasus sodomi tersebut bekerja ikhlas tanpa mengharapkan biaya. Dari itulah, butuh dukungan besar dari Kemen PPPA untuk memenuhi kebutuhan korban," imbuhnya. 

Sejauh ini, sebut Junaidi, LPA bersama pengacara sudah memberikan pendampingan terhadap korban ke Minauli Consulting, salah satu layanan Psikologi di Kota Medan. 

"Di sana (Minauli Consulting), korban ditangani oleh psikolog berpengalaman, yakni Ibu Dra. Irna Minauli, M.Si. secara gratis. Tetapi, pihak Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polrestabes Medan tak berkenan. Pendamping harus ditunjuk dari mereka, namun biaya dibebankan kepada keluarga korban. Tentu hal itu sangat memberatkan," sebutnya. 

Oleh karena itu, Junaidi berharap, Kemen PPPA segera turun tangan melakukan langkah-langkah terhadap korban. 

"Presiden Jokowi sudah menjadikan kejahatan terhadap anak sebagai kejahatan luar biasa. Dari itu, Bila kini kasus sodomi ini telah menyeruak, maka semua pihak harus bertanggung jawab, terlebih lagi Kemen PPPA," pungkasnya. 

Untuk diketahui, seorang bocah laki-laki berinisial RAP (10) warga Kecamatan Medan Denai disodomi oleh sepuluh orang dewasa, Senin (23/8/21) yang lalu.

Dalam aksi bejat para pelaku, anak yang masih duduk di kelas 3 Sekolah Dasar (SD) di salah satu sekolah swasta di Medan Amplas ini diancam pakai pisau, dan kakinya sebelah kiri dibakar menggunakan puntung rokok.

Kasus tersebut sudah ditangani oleh Unit PPA Satreskrim Polrestabes Medan. Tetapi, hingga detik ini kasusnya diduga masih mengambang, dengan belum menangkap para pelaku.*

(Team DS)

TerPopuler