Kodam XVI/Pattimura Terima Sosialisasi Kermamil TNI AD 2021/2022

Selasa, 21 September 2021, 9/21/2021 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Ambon - Kodam XVI/Pattimura menerima sosialisasi bidang Kerjasama Militer (Kermamil) tahun anggaran 2021/2022 di Swiss Bell Hotel Kota Ambon, Selasa (21/09/2021). 

Kegiatan ini dihadiri 50 orang personel Perwira perwakilan dari satuan jajaran Kodam XVI/Pattimura.
 
Sosialisasi tersebut membahas tentang penyiapan kegiatan Kermamil antara TNI AD dengan beberapa pasukan militer yang tergabung dalam organisasi Asean.

Tujuan utama Kermamil yaitu untuk memperluas peluang dan kesempatan anggota TNI AD dalam interaksi dengan AD negara sahabat sebagai media komunikasi dan menjalin tali persahabatan.
 
"Jadi tujuannya meliputi Confidence Building Measures (Tindakan Membangun Kepercayaan Diri), Military And Defense Capacity (Kapasitas Militer dan pertahanan), Regional Security Enhancemen With Counter Terrorism And Maritime Security (Peningkatan Kemanaan Daerah dengan counter teroris dan keamanan maritim) dan Humanitarian Asisstance Disaster Relief And Face Keeping Operation (Bantuan kemanusiaan, Bantuan Bencana dan Operasi Menjaga Perdamaian)," kata Paban V Kermalat Asean dalam sambutannya.
 

Kegiatan ini diawali dengan pemutaran video Latma Kermamil TNI AD Tahun 2021, dilanjutkan sosialisasi oleh Paban V Kermalat Asean Kolonel Inf Yayan, Diskusi/tanya jawab dan ditutup dengan foto bersama.
 
Dalam acara ini, Paban V Kermalat Asean menerangkan, bahwa adanya kerjasama militer dan Latihan Bersama (Latma) antar negara yang biasanya diwakilkan oleh Pasukan Elit seperti Kopassus atau Kostrad, sekarang ini dapat diikuti oleh seluruh satuan di jajaran TNI AD.
 
Di akhir kegiatan yang diselenggarakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan ini, Paban V Kermalat Asean menyampaikan beberapa penekanan, diantaranya penjelasan tentang tujuan sosialisasi agar para perwira mengetahui dan memahami poin-poin penting tentang cara dan gambaran bagaimana alur terselenggaranya latma. 

Dalam menjalin kerjasama luar negeri untuk menggelar latihan bersama, diantaranya perlu adanya mutual benefit dan mutual trust diantara negara yang terlibat.*

(Ajid Tomagola)

Sumber : Pendam 16

TerPopuler

> Whatsapp-Button