Iklan

Iklan

Korem 022/PT Gelar Pembinaan Peningkatan Kemampuan Keluarga Besat TNI Jajaran Satkowil Korem 022/PT Ta. 2021

Selasa, 14 September 2021, 9/14/2021 WIB
Oleh Berita

SNIPERS.NEWS
| Siantar - Dalam rangka meningkatkan kemampuan Keluarga Besar TNI sebagai bagian dari komponen pertahanan dalam upaya pembelaan negara, Korem 022/Pantai Timur  menggelar kegiatan Pembinaan Peningkatan Kemampuan Keluarga Besar TNI Tahun 2021.

Dengan tema “Melalui pembinaan peningkatan kemampuan Keluarga Besar TNI, KBT menjadi organisasi masyarakat yang profesional dan militan guna mendukung tugas pokok TNI AD”, bertempat di Aula Makorem 022/PT Jalan Asahan Km 3,5 Kec.Siantar Kab.Simalungun.(14/09/2021).


Dalam sambutannya Danrem 022/PT Kolonel Inf Parlindungan Hutagalung S.A.P. yang diwakili oleh Plh Kasrem 022/PT Letkol Inf Henri Siregar S.H  mengatakan Kegiatan ini merupakan salah satu sarana untuk mewujudkan hubungan yang lebih baik dan harmonis antara prajurit Korem 022/PT dengan keluarga besar TNI dalam mendukung pelaksanaan tugas pokok Korem 022/PT di wilayah ini. 

Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa keberadaan Organisasi Keluarga Besar TNI, khususnya KB FKPPI, GM FKPPI, PPM dan HIPAKAD memiliki hubungan emosional dan kedekatan secara historis dengan TNI, sehingga dibutuhkan kesamaan pandang dalam mencermati setiap dinamika yang terjadi di wilayah ini. 

Hal ini menuntut eksistensi Keluarga Besar TNI (KBT) untuk terus melakukan konsolidasi konstruktif agar mampu berkiprah dan berperan sekaligus menjadi pelopor dalam menjaga kebinekaan, keutuhan, persatuan dan kesatuan bangsa secara arif dan bijaksana.

Untuk itu, saya menyampaikan rasa hormat dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas segala perhatian, peran dan partisipasi  segenap Keluarga Besar TNI dalam membangun dan mewujudkan stabilitas wilayah, khususnya di wilayah Korem 022/PT selama ini. 

Hubungan emosional dan sinergitas yang telah terbina dengan baik hendaknya lebih ditingkatkan lagi, sehingga TNI beserta keluarga besarnya dapat berperan secara maksimal sekaligus memberikan kontribusi positif dan menjadi perpanjangan tangan TNI AD, khususnya Korem 022/PT disetiap lini kehidupan berbangsa dan bernegara.

Hal ini sesuai dengan tema “ Melalui pembinaan peningkatan kemampuan Keluarga Besar TNI, KBT menjadi organisasi masyarakat yang profesional dan militan guna mendukung tugas pokok TNI AD”.

Keberadaan organisasi Keluarga Besar TNI memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, apalagi kita ketahui bersama  organisasi Keluarga Besar TNI seperti KB FKPPI, GM FKPPI, PPM dan HIPAKAD merupakan komponen bangsa yang memiliki anggota cukup banyak dan tersebar diseluruh wilayah Indonesia. Hal tersebut menunjukkan bahwa organisasi Keluarga Besar TNI memiliki potensi besar untuk berperan aktif dalam mewarnai dinamika kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Saya yakin dan percaya melalui visi dan misi pengabdian yang selalu berorientasi pada nilai-nilai dasar nasionalisme yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, saudara-saudara akan sangat dibutuhkan eksistensinya dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, karena sesungguhnya kekuatan kita sebagai bangsa yang besar ada pada toleransi, tenggang rasa, saling menghargai dan menghormati, serta menyadari perbedaan namun lebih melihat kesamaan sebagai bangsa yang bermuara pada persatuan dan kesatuan yang kokoh.

Hal ini perlu kita jaga bersama dalam situasi dan kondisi bangsa kita saat ini, dimana kita masih menghadapi berbagai isu yang berpotensi menjadi ancaman terhadap kokohnya persatuan dan kesatuan bangsa, seperti, isu globalisasi, demokratisasi, transparansi, transformasi iptek, akuntabilitas, penegakan hukum, serta situasi Pandemi Covid-19 yang juga membawa berbagai permasalahan kehidupan di masyarakat. 

Mencermati kondisi tersebut, tentunya memberikan gambaran kepada kita semua untuk memiliki visi dan misi yang sama dalam menciptakan suasana kehidupan masyarakat di wilayah ini yang damai, rukun dan kondusif dengan bersama-sama menjaga dan mengawal persatuan dan kesatuan bangsa dalam menghadapi timbulnya berbagai permasalahan yang dapat mengganggu stabilitas keamanan di wilayah ini.

Oleh karena itu, saya berharap adanya peran besar seluruh komponen bangsa, termasuk Ormas Kepemudaan Keluarga Besar TNI, untuk turut serta menciptakan kemajuan positif, melalui cara-cara berfikir yang jernih dalam menyikapi berbagai hal yang berkembang di tengah-tengah masyarakat dan tidak terpengaruh oleh hal-hal yang berpengaruh buruk kepada masyarakat, apalagi yang dapat merusak persatuan dan kesatuan.

Sebelum mengakhiri sambutan ini, saya sampaikan beberapa pesan kepada Organisasi Keluarga Besar TNI untuk dipedomani sebagai berikut :
Pertama, Organisasi Keluarga Besar TNI, khususnya KB FKPPI, GM FKPPI, PPM dan HIPAKAD memang bukan TNI, tetapi jiwa dan semangat TNI hendaknya tertanam kuat dalam setiap jiwa anggotanya.

 Kedua, Organisasi Keluarga Besar TNI agar senantiasa memantapkan nilai-nilai nasional secara benar dalam kehidupan berorganisasi dan bermasyarakat. 

Ketiga, Hendaknya Organisasi Keluarga Besar TNI hendaknya menjadi organisasi pemuda yang memiliki arah perjuangan dan pengabdian yang berguna bagi kehidupan masyarakat, bangsa dan negara.

Keempat, melalui Organisasi Keluarga Besar TNI diharapkan akan lahir pemimpin bangsa yang selalu membawakan aspirasi rakyat untuk membangun menjadi bangsa yang besar.

Kelima, Organisasi Keluarga Besar TNI agar senantiasa menjaga kekompakan dan keharmonisan dalam berorganisasi, sehingga tidak terjadi perpecahan yang dapat merugikan organisasi itu sendiri. 

Akhirnya, saya minta kepada seluruh peserta untuk melaksanakan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, dan saya selaku Danrem 022/PT mohon maaf apabila ada hal-hal yang kurang berkenan dalam penyelenggaraan kegiatan ini. 

Hadir dalam kegiatan tersebut Plh Kasiter Korem 022/PT, Pasiter Korem 022/PT serta anggota FKPPI Pematangsiantar, FKPPI Simalungun, PPM dan Hipakad.*

( Raiyan )

TerPopuler

> Whatsapp-Button