Lurah Belawan 2 Akan Lakukan Penataan Wilayah Kepling di 44 Lingkungan

Kamis, 02 September 2021, 9/02/2021 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Belawan - Berdasarkan hasil rapat para Lurah dengan Camat dan Pemko Medan secara virtual di Aula Kantor Kecamatan Medan Belawan pada Selasa (31/08/2021) yang lalu, tentang penataan lingkungan dan aturan pemilihan Kepala Lingkungan (Kepling) di Kota Medan sesuai Peraturan Walikota (Perwal) dan Perda Kepling.

Untuk pelaksanaan penataan tersebut, Lurah Belawan II sudah siap untuk melaksanakan penataan Kepling di 44 lingkungan yang ada diwilayah Kelurahan Belawan II sesuai dengan juklak dan sistem aturan yang telah ditentukan oleh Pemko Medan.

Hal tersebut disampaikan Lurah Belawan II Yose Ferry, S.Sos., pada awak media di Kantor Kelurahan Belawan II, Jalan Citandui Gang 7 Kelurahan Belawan II, Kecamatan Medan Belawan, Kamis (02/08/2021).

"Insya Allah kita sudah siap untuk melaksanakan penataan lingkungan dan penetapan Kepling sesuai aturan dari Pemko Medan," ucap Yose.

Yose juga menjelaskan tentang mekanisme yang menjadi persyaratan untuk menjadi Kepling dan letak wilayah pada setiap lingkungan.

"Setiap Kepling memimpin minimal 150 sampai maksimal 250 Kepala Keluarga (KK) dan kalau kurang dari 150 KK, maka lingkungan tersebut akan digabungkan dengan lingkungan disebelahnya hingga mencapai 150 KK dengan satu Kepling, jika lebih dari 300 KK, maka lingkungan tersebut akan dilebur jadi dua lingkungan," jelas Lurah Belawan II itu.

Lebih lanjut Yose menambahkan, bahwa lebih dari separuh jumlah lingkungan yang ada di Kelurahan Belawan II tidak memenuhi syarat, dan saat ini dirinya telah mengintruksikan seluruh Kepling untuk melakukan pendataan jumlah KK sesuai data dari Disdukcapil.

"Dari 44 lingkungan, ada 24 lingkungan yang jumlah KK nya kurang dari 150 KK, bahkan ada juga yang cuma dibawah 100 KK, dan saya sudah minta pada seluruh Kepling untuk membuat laporan jumlah KK sesuai data dari Disdukcapil. Jum’at besok seluruh data sudah siap dan saya akan gelar rapat untuk pemetaan wilayah pada pekan depan," tutup Yose pada penjelasannya tentang penataan lingkungan diwilayah kerjanya tersebut.*

(Adi Yusman)

TerPopuler

> Whatsapp-Button