Iklan

Iklan

Pekan Informasi dan Orientasi Politeknik Halmahera

Kamis, 09 September 2021, 9/09/2021 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Halsel - Hari ini, tepatnya 9 September 2021, Politeknik Halmahera kembali menggelar agenda tahunan, yakni menyambut mahasiswa baru periode 2021/2022. dengan tema kegiatan yang di angkat.


Kegiatan ini bertemakan, "Bersama Membangun SDM Yang Mandiri, Kreatif, Kompetitif dan Berkarakter" dapat terlaksana dengan baik.


Agenda yang di gelar kali ini adalah cukup berbeda dari yang sebelumnya, sebab di tengah-tengah kesederhanaan kegiatan ini, Wakil Bupati Halmahera Selatan Hasan Ali Bassam Kasuba menyempatkan waktu untuk hadir dan membuka acara yang di maksud.


"Rasa syukur dan bangga datang dari kami segenap sifitas Politeknik Halmahera,  karena Bapak Wakil Bupati bisa menghadiri undangan yang kami buat dengan keterbatasan yang kami miliki. Namun, rasa semangat dan tanggung jawab dari seluruh dosen dan pengelolah kampus, kita tetap bisa melaksanakan agenda ini," tutur Ketua Panitia Inforient Julkarnain Ahmad, S.Pi., M.Si.


Lebih lanjut dikatakannya, bahwa mahasiswa baru yang mendaftarkan ke Politeknik Halmahera kurang lebih sekitar 83 orang, tapi yang berkesempatan mengikuti ujian dan Inforient adalah sekitar 43 orang.


"Banyak mahasiswa baru yang tak berkesempatan hadir, mungkin karena kelangkaan jaringan di desa mereka. Sehingga mereka tidak mendengarkan informasi dari kampus," ungkap Julkarnain.


Selanjutnya, dalam sambutan yang disampaikan oleh Wakil Direktur 1 Politeknik Halmahera Samsul Hadi, S.T., M.T., dalam sambutannya berharap, agar kiranya dengan kehadiran Wakil Bupati dalam agenda ini dapat melihat kondisi kampus Politeknik Halmahera itu seperti ini.


"Karena kampus ini di dirikan oleh pejabat Daerah yang ada di Kabupaten Halmahera Selatan, namun harus berada di bawah wewenang yayasan. Maka, kiranya Pemerintah Daerah saat ini bisa berkontribusi dalam mengembangkan dan memajukan kampus ini," tutupnya.


Kegiatan Pekan Informasi dan Orientasi ini adalah bentuk kegiatan yang akan mengawali proses perkuliahan pada periode 2021/2022.


Terpisah, dalam sambutan Wakil Bupati Ali Bassam Kasuba, bahwa ini adalah kali pertamanya ia hadir di Politeknik Halmahera.


"Ini adalah pertama kalinya saya datang ke Politeknik Halmahera. Kalau biasanya, saya hanya tahu bahwa Politeknik Halmahera itu ada lewat kabar dari orang," katanya.


"Dalam kepemimpinan Pemerintah Daerah kali ini, kita akan mengembangkan SDM yang ada di Kabupaten Halmahera Selatan, dengan memanfaatkan 3 Perguruan Tinggi unggulan yang ada di Kabupaten Halmahera Selatan," tambahnya.


"Politeknik Halmahera adalah perguruan tinggi yang memiliki program studi unggulan. Di sini terdapat Prodi Teknologi Penangkapan Ikan dan Teknik Pertambangan. Halmahera Selatan adalah daerah unggulan Lumbung Ikan Nasional. Dan atas kepercayaan dari Pemerintahan Pusat, rencananya Halmahera Selatan akan membangun pabrik Industri Perikanan. Harapannya, SDM yang akan di serap adalah SDM dari Politeknik Halmahera," ujarnya.


Selain itu, Kabupaten Halmahera Selatan sudah mempunyai 2 smelter. Seharusnya, SDM yang di pakai adalah SDM yang memang harus menguasai tekniknya. Sudah tentu, lulusan dari Politeknik Halmahera harus bisa di serap oleh perusahaan, tidak hanya harus dari tenaga asing.


Sebelum dirinya membuka acara dengan resmi, ia berpesan, "bahwa kalau kita menginginkan SDM kita bisa maju, maka kita harus bisa merubah tujuan pendidikan kita," tambahnya.


Akhirnya, dengan tepuk tangan yang meriah dari tamu undangan dan juga peserta, acara pembukaan Pekan Informasi dan Orientasi Politeknik Halmahera dapat terlaksana dengan baik, aman dan tertib.*


(H.M)

TerPopuler

> Whatsapp-Button