Sat Samapta Polres Donggala Rutinkan Patroli KKYD di Pusat Kota

Selasa, 21 September 2021, 9/21/2021 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Donggala - Sat Samapta Polres Donggala UPRC melaksanakan giat patroli protokol kesehatan KKYD, guna mencegah penularan Virus Covid-19 dengan mendatangi tempat - tempat keramaian dan yang danggap rawan terjadi tindak pidana, serta mengajak masyarakat Menerapkan adaptasi kebiasaan baru, Selasa (21/09/21) sekira pukul 13.00 Wita.


"Target patroli yang kita lakukan di Kelurahan Tanjung Batu, Kelurahan Kabonga Kecil dan di pusat perkotaan, dengan menyambangi warga dan beri edukasi pentingnya meningkatkan pola hidup sehat serta patuhi (Prokes), mengingat Pandemi Covid-19 belum berakhir," ucap Kasat Samapta Polres Donggala Iptu Fadli.


Kegiatan itu sesuai Inpres No. 6 Tahun 2020 Tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.


Juga sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 41 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2 dan Level 1. Serta Surat Edaran Gubernur Sulawesi Tengah Nomor 443/545/Din.kes tertanggal 28 Juni 2021.


Selain itu, sebagai upaya memperkuat pengendalian Covid-19 di seluruh wilayah Sulteng, juga diatur Melalui Perbup Donggala Nomor 31 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease Covid-19.


Dan, juga Surat Edaran Bupati Donggala Nomor :44010344/BAG.UMUM/2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3 untuk Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease Covid-19 di Kabupaten Donggala.


"Kita menghimbau masyarakat untuk selalu melaksanakan 5 M, seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas agar kita terhindar dari Virus Corona," ucap Iptu Fadli.


Patrol KKYD yang dilakukan Sat Samapta UPRC Regu II ini diikuti lima orang personil Sat Samapta Polres Donggala,
agar dapat meminimalisir penyebaran Covid-19 di Donggala.



Sat Samapta juga terus kunjungi tempat aktivitas keramaian masyarakat, guna menekankan penggunaan masker, serta sosialisasi penyekatan PPKM Level 3 kepada warga masyarakat juragan Ikan dan pemilik  lapak warung.


Selain memberikan himbauan prokes, dalam patroli ini personil Satuan Samapta juga melakukan sosialisasi Layanan Polri melalui Call Center 110 (Bebas Pulsa).


Personil Sat Samapta juga melakukan himbauan kamtibmas dan PPKM Level 3 kepada warga masyarakat, agar menaati protokol kesehatan serta menjaga kesehatan.


"Gunakan masker selama beraktifitas di luar serta waspada dan berhati-hati beraktivitas di malam hari saat musim penghujan. Giat hari ini kita juga membagikan masker gratis," kata Iptu Fadli.


Dalam operasi ini, personil Sat Samapta tetap mengutamakan sapa, sopan dan humanis sesuai perintah pimpinan. Kemudian dialog edukasi waspada isu berita hoax dan mengajak masyarakat lakukan vaksinasi di tempat kesehatan, seperti Puskesmas maupun Gerai Polri Presisi yang melakukan pelayanan vaksinasi.


Diharapkan, kata Iptu Fadli, kegiatan Patroli KKYD ini dapat menekan angka kriminalitas, khususnya Curanmor serta penyebaran Virus Covid-19.


Dirinya juga mengharapkan situasi Kamtibmas di Kota Donggala tetap aman dan kondusif. Dan, kepada masyarakat Kota Donggala dan pengunjung tempat - tempat keramaian untuk mengurangi aktifitas diluar rumah dan tetap mematuhi protokol kesehatan.


Iptu Fadli juga mengingatkan kepada masyarakat, bila membutuhkan layanan informasi, layanan pengaduan, kecelakaan lalu lintas dan kemacetan bahkan pengawalan cukup tekan 110 dan Personil Polres Donggala siap menindak lanjuti laporan tersebut.


"Diharapkan kepada masyarakat, dengan keberadaan call center 110 agar penggunaannya nanti benar-benar dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhannya, bukan untuk memberikan informasi-informasi yang tidak jelas atau kesannya mempermainkan petugas, sehingga apa yang kita harapkan dapat berjalan dengan baik," tutur Iptu Fadli.*


(Yudi)

TerPopuler

> Whatsapp-Button