AJIB Asah Anggotanya Dengan Kajian Jurnalistik per Dua Minggu

Saturday, October 16, 2021, 20:51 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Bondowoso - Aliansi Jurnalis Independen Bondowoso (AJIB) gelar pertemuan rutin dalam rangka meningkatkan profesionalisme para jurnalis yang tergabung di AJIB. Kegiatan tersebut berlangsung di Desa Botolinggo, Kecamatan Botolinggo, Sabtu 16/10/2021.

Ketua AJIB Arik Kurniawan mengatakan, jurnalis profesional dalam mencari berita memperhatikan kedisiplinan dalam bekerja, mengikuti aturan-aturan yang sesuai dengan standar pembuatan berita, dan menerapkan kode etik jurnalistik penulisan berita agar yang dihasilkan tidak menyalahi aturan kode etik jurnalistik berita.

"Profesionalisme ditandai dengan kuality rasa bangga akan profesi yang dipegangnya. Dalam hal ini diharapkan agar rekan-rekan yang tergabung di AJIB memiliki rasa bangga dan percaya diri akan profesinya sebagai wartawan," terang dia usai acara. 

Oleh karena itu, AJIB sebagai wadah para wartawan Bondowoso itu terus melakukan kajian-kajian dan diskusi dalam mengurai hakekat pers yang sesungguhnya. 

"Pertemuan rutinan ini juga sebagai perekat silaturrahmi antara rekan-rekan AJIB, agar tetap terjalin solidaritas," jelasnya. 

Sementara itu, Pengawas AJIB Imam Imron menambahkan,  bahwa AJIB dibentuk  sebagai wujud dari  kekompakan para media yang berfungsi sebagai kontrol sosial. 

Imam menegaskan, dalam melaksanakan kerja sebagai wartawan, tak jarang dilapangan kerap di isukan sebagai pencari kesalahan. 

"Nah, hal itulah yang akan kita luruskan, bahwa kita sebagai wartawan memang sudah kerjanya mencari berita, bukan mencari salah," ungkapnya. 

Menurut dia, apapun bentuk temuan dilapangan harus diliput, asal seimbang, obyektif dan bisa dipertanggungjawabkan. 

"AJIB terus mengasah para jurnalis, untuk menjadi jurnalis yang profesional, bermartabat, serta tetap menjunjung tinggi kode etik jurnalistik, agar berita yang disajikan ke masyarakat bisa bermanfaat," pungkasnya.*

(suwaris)

TerPopuler