Antisipasi Banjir, Kadus Bustami Ajak Warga Bersihkan Parit

Kamis, 21 Oktober 2021, 10/21/2021 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Siak - Seiring tingginya curah hujan yang beberapa hari ini melanda wilayah Kabupaten Siak, membuat Kepala Dusun (Kadus) 3 Bustami termotivasi mengajak warganya untuk bergotong royong membersihkan parit sepanjang 100 meter lebih di Jalan Sudirman Kampung Parit I/II Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak, Provinsi Riau, Kamis (21/10/2021).

Saat di konfirmasi awak Media Snipers.news, Kadus Bustami menyampaikan terkait langkah untuk mengantisipasi bencana banjir di wilayah kerjanya.

"Pembersihan parit ini adalah upaya antisipasi meluapnya air pasang sungai dan turunnya air hujan, sehingga parit yang tersumbat maupun kotoran lain dapat mengalir dengan lancar," ucapnya.

"Jika tidak dibersihkan, jika terus-terusan turun hujan maka bisa terjadi luapan air yang mengakibatkan banjir. Ini merupakan ide bersama warga. Alhamdulillah, berkat partisipasi PT. Modern Widya Tehnical yang menurunkan alat beratnya, yang kebetulan sedang mengerjakan pembangunan jalan, gotong royong tersebut berjalan dengan lancar," sambung Bustami.

Selain itu, pihaknya juga selalu menghimbau kepada warganya untuk menerapkan pola hidup sehat dan secara rutin melaksanakan kegiatan gotong-royong. Minimal tiga kali dalam sebulan.

Hal itu bertujuan, guna meminimalisir adanya sumbatan sampah pada drainase dan parit yang ada di kawasan Dusun 3, khususnya, dan di Kampung Parit I/II umumnya.

Tak hanya itu, kepada semua warga Dusun 3 diharapkan agar peduli dan menjaga terhadap lingkungan sekitar, terutama saat musim hujan yang datang lebih awal.

"Agar kita selalu waspada terhadap daya tahan tubuh yang akan nenurun agar terhindar dari wabah penyakit," ujarnya 

Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan. "Buanglah sampah pada tempatnya, agar Kampung Parit I/II ini menjadi bersih, rapi dan indah," tuturnya.*

(Gunawan. S)

TerPopuler

> Whatsapp-Button