Bupati Tabanan Apresiasi Semangat Persatuan Warga Tunjuk dalam Melaksanakan Upacara Ngaben Massal

Rabu, 13 Oktober 2021, 10/13/2021 WIB
Oleh Snipers.news.com

SNIPERS.NEWSTabanan – Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E., M.M., menghadiri undangan dalam rangka Upacara Pitra Yadnya Kinembulan Ngaben Massal Desa Adat Tunjuk, Tabanan yang dipusatkan di Jaba Pura Prajapati, Desa Adat Tunjuk, Tabanan, Rabu, (13/10). Turut hadir saat itu Ketua DPRD Tabanan I Made Dirga, Anggota DPRD Tabanan I Wayan Widnyana, didampingi oleh Sekda, Asisten dan OPD terkait di lingkungan Pemkab Tabanan, Camat Tabanan beserta unsur Muspika Kec. Tabanan, Perbekel, Bendesa Adat dan tokoh masyarakat setempat.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Sanjaya memberikan Apresiasi dan menyambut baik terselenggaranya Upacara Pitra Yadnya Kinembulan Ngaben Masal Desa Adat Tunjuk. Menurutnya hal ini sangat memberikan dampak yang positif bagi masyarakat, khususnya di Desa Adat Tunjuk. “Selain mengirit biaya, kegiatan ini memberikan banyak manfaat bagi masyarakat. Seperti, melakukan rapat sebelum pelaksanaan dan dalam pelaksanaannya dikerjakan secara bersama-sama. Tentu, hal itu mampu meningkatkan persatuan dan semangat gotong-royong sesama warga,” ujarnya.

Karena Ia sangat meyakini, persatuan yang berlandaskan semangat gotong–royong mampu mewujudkan segala pembangunan yang diharapkan. Merespon persatuan yang ditunjukan oleh warga Desa Adat Tunjuk, Bupati Sanjaya mengaku sangat bangga dan berharap hal ini tetap dijaga dan lebih ditingkatkan kedepannya. “Saya selaku Kepala Daerah akan selalu hadir untuk memberikan yang terbaik dalam membantu masyarakat. Mari bersama-sama kita bersinergi dalam mewujudkan visi Kabupaten Tabanan menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani,” tegas Bupati Sanjaya.

Lebih jauh, Ia juga berharap kegiatan seperti ini terus digalakkan, begitupun dengan yang lainnya, seperti Metatah Massal dan lainnya yang intinya melakukan pengiritan biaya dengan tidak mengurangi makna dari upacara dan juga yang terpenting meningkatkan persatuan dan semangat gotong-royong antar warga. Mengingat, kegiatan ini dilaksanakan dalam masa pandemi, Ia juga sangat mengapresiasi karena pihak panitia tetap taat menerapkan protokol kesehatan yang ketat selama pelaksanaan kegiatan Ngaben Massal ini.

Pada kesempatan yang sama, I Made Nawa selaku Bendesa Adat Tunjuk mengatakan, kegiatan ini dilakukan dalam rangka menyambut Karya Ngenteg Linggih, Padudusan Agung dan Balik Sumpah di Pura Khayangan Puseh Desa Adat Tunjuk yang akan diselenggarakan pada tanggal 20 November 2021 mendatang. “Sebelum itu dilaksanakan, kami sepakat melaksanakan upacara Atiwa-tiwa yakni Upacara Pitra Yadnya Kinembulan Ngaben Massal yang diikuti oleh 23 Sawa,” ujarnya.


Lebih lanjut, untuk pembiayaan dikatakannya merupakan urunan dari masing-masing warga pemilik sawa sebesar Rp. 5 Juta dan kekurangan dari pelaksanaan upacara dibebankan kepada Desa Adat Tunjuk dan tentunya bantuan dari Pemerintah. “Terimakasih atas perhatian dan dukungan beserta bantuan Bapak Bupati, sehingga upacara ini berjalan dengan baik sesuai harapan bersama,” imbuhnya.

Ngaben Massal atau juga sering disebut dengan istilah Ngaben Megabung saat ini semakin marak dilakukan, khususnya oleh masyarakat di Tabanan. Mengingat, Upacara Ngaben yang dilakukan secara pribadi memerlukan biaya yang cukup banyak, sehingga Ngaben Massal memberikan banyak manfaat bagi masyarakat, seperti bisa lebih meringankan dari segi materi dengan menekan biaya dan dari segi pekerjaan menjadi lebih mudah karena dikerjakan secara bergotong-royong. Di banyak daerah, bahkan menjadikan Ngaben Massal ini sebagai tradisi yang dilakukan secara berkelanjutan.

(Agung DP)

TerPopuler

> Whatsapp-Button