Cairan Multi Guna, Batalyon B Brimob Sumut Ciptakan Eco Enzyme

Friday, October 29, 2021, 16:47 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | T. Tinggi - Eco Enzyme adalah cairan alami serba guna, yang merupakan hasil fermentasi gula merah atau molases, limbah buah/sayuran dan air, dengan perbandingan 1:3:10.

Adapun waktu pembuatan Eco Enzyme adalah selama 90 hari. Hasil akhir cairan Eco Enzyme berwarna coklat, beraroma asam segar.

"Ini merupakan terobosan positif yang dilakukan oleh Pihak Lions Club Tebing Tinggi bekerja sama dengan Batalyon B Pelopor Sat Brimob Polda Sumut, dalam menciptakan cairan yang fungsinya serupa dengan cairan Disinfektan," ujar Danyon B Pelopor.

Kompol Endra Budianto mengutarakan, Eco Enzyme ini manfaatnya sangat beragam, khususnya saat pandemi sekarang ini, bisa digunakan untuk Disinfektan dan Hand Sanitizer.

"Sedangkan bagi kesehatan juga bisa digunakan untuk meredakan infeksi dan alergi pada anak, serta menyembuhkan luka," tambahnya.

Dari segi pertanian, bahan ini juga bisa digunakan sebagai pupuk dan pestisida, serta secara sisi ekonomi dapat menghemat pengeluaran, karena Eco Enzyme ini bisa digunakan sebagai cairan pembersih.

"Selain itu, cairan ini juga berfungsi sebagai pembasmi kuman, pembersih lantai, mencuci piring, pakaian dan membersihkan kaca jendela serta minyak yang menempel pada permukaan kompor atau meja dapur," pungkasnya.*

(R - 1)

Sumber : Humas Brimob Sumut

TerPopuler