Capai Herd Immunity, Nakes Witrijanti Gelar Door to Door

Kamis, 28 Oktober 2021, 10/28/2021 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWSProbolinggo - Ujung tombak untuk mensukseskan program pemerintah dalam membentuk herd immunity (kekebalan kelompok) di suatu daerah adalah eksistensinya tenaga kesehatan (nakes) atau lazim disebut bidan desa.

Pasalnya, bidan desa selaku kepanjangan tangan dari dinas kesehatan (dinkes) kabupaten, langsung bertatapan dengan masyarakat bawah. Tentunya berbagai macam cara ditempuh untuk memberikan pemahaman bahwa vaksin (astrazeneca dan sinovac) adalah aman dan halal.

Hal itulah yang di lakukan Witrijanti selaku Bidan Desa Kalirejo Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo. Secara istiqomah dan terus menerus dengan berbagai macam cara agar herd immunity tercapai, yaitu target mencapai 70 persen dari jumlah penduduk Desa Kalirejo.

"Jujur kami katakan tidak mudah untuk mencapai 70 persen, sehingga terbentuk kekebalan kelompok (herd immunity), namun kami terus berupaya agar tercapai," kata Witrijanti kepada media Snipers.News, Kamis (28/10/2021).
                            

Bunda Witri (sapaan akrabnya-red) mengaku, dirinya tidak akan mampu bekerja sendiri, namun berbagai elemen terkait ia rangkul. Seperti Babinsa, Kader Pos Yandu Desa Kalirejo, Bhabinkamtibmas, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

"Dengan sinergitas yang kompak, kami melakukan berbagai terobosan termasuk door to door," ujarnya.

Hal lain juga disampaikan Yuli Triani selaku Kader Pos Yandu Desa Kalirejo, ia menuturkan suka duka mendampingi bidan desa door to door gelar vaksinasi pada masyarakat.

"Rata rata masyarakat tidak mau di vaksin karena kekhawatiran yang tidak beralasan, makanya kami hadir memberikan pemahaman bahwa vaksin itu halal dan aman," pungkas istri dari Roni Harun ini.*

(Taufiq)

TerPopuler

> Whatsapp-Button