Kapolres Karangasem Hadiri Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-93 di Kantor Bupati

Kamis, 28 Oktober 2021, 10/28/2021 WIB
Oleh Snipers.news.com

SNIPERS.NEWS | Amlapura - Polda Bali, Polres Karangasem. Bertempat di Lapangan Kantor Bupati Karangasem telah berlangsung Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-93 Tahun 2021 dengan Tema "Bersatu Bangkit dan Tumbuh" Kamis 28/10/2021

Sebagai Inspektur Upacara adalah Bupati Karangasem, Perwira Upacara  Asisten 1 I Wayan Purna
Komandan Upacara Ketua Ormas Pemuda Panca Marga Muh Juni Amir Arief 

Dengan Peserta Upacara sebagai berikut :
1 Pleton Perwira Gabungan TNI, Polri dan Kejaksaan.
- 1 Peloton Gabungan Kepala OPD
- 1 Peleton Organisasi Pemuda
- 1 pleton Korsik dan 
- 1 Pleton paduan suara 

Hadir dalam Kegiatan tersebut Bupati Karangasem I Gede Dana, S.Pd, M.Si. , Wakil Bupati Karangasem DR. I Wayan Arthadipa, SH. MH. ,Sekda Kabupaten Karangasem I Ketut Sedana Merta, ST.,MT. , Kapolres Karangasem AKBP Ricko A.A. Taruna, SH, S.IK, M.H, M.M. ,Kajari Karangasem, Aji Kalbu Pribadi, SH.MH. , Ketua Pengadilan Negeri diwakili oleh Wakil Ketua Pengadilan Veni Mustika, SH.MH. Dandim 1623 Karangasem  diwakili oleh Kasdim Mayor Inf. Puji Wulyono, S.Pd. , Waka Polres Karangasem KOMPOL Dewa Putu Gede Anom Danujaya,S.H.,S.IK.,M.H., Kapolsek Karangasem dan KOMPOL I Wayan Suberata, SH 

Kegiatan diawali dengan Pengibaran Bendera Merah Putih diiringi lagu kebangsaan ”INDONESIA RAYA", selanjutnya Mengheningkan cipta dipimpin oleh Pembina Upacara, Pembacaan Teks Pancasila oleh Pembina Upacara, diikuti oleh seluruh peserta Upacara, Pembacaan Naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, Pembacaan Teks Keputusan Kongres Pemuda Indonesia 1928, dan terakhir Menyanyikan lagu "SATU NUSA SATU BANGSA” 

Dilanjutkan Amanat Inspektur Upacara (membaca Naskah Pidato Menteri Pemuda dan Olahraga) yang pada intinya menyampaikan Hari Sumpah Pemuda ke 93 kali ini mengambil tema "Bersatu, Bangkit dan Tumbuh" , Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa, tema Bersatu, Bangkit dan Tumbuh ini sesungguhnya diperuntukan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi penting karena di tangan pemuda lah kita berharap Indonesia bisa Bangkit dari keterpurukan akibat Pandemi dan melangkah lebih maju untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. 

Dalam upaya membangkitkan ekonomi, Pemuda juga diharapkan berperan percepatan pemulihan situasi ekonomi nasional menyongsong Indonesia Maju, pemerintah terus mendorong tumbuhnya wirausaha baru, wirausaha muda, baik dalam hal penumbuhan minat, pemberian bantuan wirausaha, termasuk wirausaha berbasis perguruan tinggi dan pesantren, sampai pada apresiasi wirausaha berprestasi.

Upaya ini tentu tidak akan berdampak maksimal tanpa dukungan semua pihak, khususnya bersatunya niat dan ikhtiar para Pemuda dalam turut serta membangun bangsa ini secara Bersama-sama. 

Dilanjutkan sambutan tambahan Inspektur Upacara pada intinya menyampaikan bahwa Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-93 merupakan sebuah momentum sejarah bagi bangsa kita dalam meningkatkan rasa solidaritas berbangsa dan bernegara, Sejalan dengan hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Karangasem melalui Visi Misi Nangun Sat Kerthi Loka Bali Melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana Menuju Karangasem Era Baru, yang Pradnyan, Kertha Santhi, dan Nadi (Prakerthi Nadi). 

Hal ini sejalan dengan Prinsip Tri Sakti Bung Karno : Berdaulat secara Politik, Berdikari Secara Ekonomi dan berkepribadian dalam Kebudayaan Melalui Pola Pembangunan Secara Terpola, Menyeluruh, Terencana, Terarah, dan Terintegrasi. 
Kami selalu menghimbau agar seluruh masyarakat dalam situasi Pandemi Covid-19, di Kabupaten Karangasem, dapat Bersatu, Bangkit dan Tumbuh dalam situasi dan kondisi ekonomi melalui berbagi wirausaha sehingga mampu mengatasi tingkat kesulitan ekonomi yang dihadapi. Begitu pula kepada seluruh ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Karangasem agar tetap semangat bekerja dengan vokus, lurus dan tulus mmengabdikan diri demi Kabupaten Karangasem.

(Agung DP/Iskandar/Hms)

TerPopuler

> Whatsapp-Button