Kodam XVI/Pattimura Terima Sosialisasi Pembinaan Kerukunan Umat Beragama

Jumat, 08 Oktober 2021, 10/08/2021 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Ambon - Kodam XVI/Pattimura merupakan kompartemen strategis yang memiliki tugas pokok menyelenggarakan pembinaan kesiapan operasional atas segenap komandonya dan operasi pertahanan aktif di darat, yang meliputi Kepulauan Maluku dan Maluku Utara. 

Dihadapkan dengan demografinya dan kultur budaya serta agamanya yang heterogen, sementara setiap personil dituntut mampu menjadi garda terdepan dalam menjaga keamanan dan kedaulatan wilayah.

Berkaitan dengan hal itu, hari ini dilaksanakan sosialisasi pembinaan kerukunan umat beragama yang digelar di Aula Makodam, Jum’at (08/10/2021).


Kegiatan sosialisasi dibuka langsung oleh Aster Kasdam XVI/Pattimura mewakili Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Bambang Ismawan dan bertindak sebagai pemateri Ustad Hasrun Kelirey, S.Ag., M.M.

Sosialisasi ini diikuti oleh personil perwakilan satuan jajaran Kodam XVI/ Pattimura. 

Adapun tujuan dari adanya kegiatan ini adalah mewujudkan Binter TNI AD yang adaptif melalui kegiatan pembinaan kerukunan umat beragama, demi mencegah konflik sosial antar umat beragama serta menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.


Pangdam dalam amanatnya mengatakan, sosialisasi pembinaan kerukunan umat beragama dilaksanakan dengan tujuan agar prajurit TNI, Keluarga Besar TNI (KBT), Tokoh Agama dan Tokoh Pemuda benar - benar memahami tentang arti toleransi umat beragama.

Dimana antar umat beragama dapat saling menerima, saling menghargai dan saling menghormati keyakinan masing-masing, saling tolong-menolong dan bekerjasama dengan keanekaragaman keyakinan agama yang ada.

"Untuk itu saya mengajak kita semua wajib menghormati hak asasi manusia, terutama untuk kemerdekaan di dalam menganut agama dan kepercayaan yang telah dijamin oleh Pemerintah di dalam Undang-Undang. Untuk itu, seluruh warga negara harus bisa hidup berdampingan demi menjaga kerukunan beragama di Indonesia," tandas Pangdam.*

(Ajid Tomagola)

Sumber : Pendam 16

TerPopuler

> Whatsapp-Button