Pastikan Kesiapan Unsur Patroli Lantamal I, Irjen TNI Tinjau KRI Karontang-872

Kamis, 07 Oktober 2021, 19:17 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Belawan - Inspektur Jenderal TNI (Irjen TNI) meninjau kesiapan unsur patroli Lantamal I dengan mengecek langsung Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Karotang-872 di Dermaga Lantamal I Belawan, Kamis (07/10/21).

Letnan Jenderal TNI (Mar) Bambang Suswantono, S.H., M.H., M.Tr.(Han)., yang saat ini menjabat Irjen TNI tinjau langsung KRI Karotang-872 yang didampingi Komandan Lantamal I bersama rombongan Irjen TNI lainnya.

Peninjauan KRI Karotang dengan Irjen TNI tersebut dengan memeriksa seluruh peralatan yang dimiliki KRI Karotang, guna memastikan bahwa kapal patroli yang dimiliki oleh TNI AL Lantamal I dalam kondisi siap operasi untuk mendukung pertahanan negara di laut. 

KRI Karotang-872 merupakan salah satu kapal patroli yang dimiliki TNI AL dibawah kendali pembinaan Lantamal I, Mayor Laut (P) Andromeda Winda Ciptadi yang saat ini dipercaya menjabat sebagai Komandan KRI Karotang mendampingi Irjen TNI beserta rombongan.

Disela-sela peninjauan tersebut, Mayor Andromeda menjelaskan kepada Irjen TNI tentang spesifikasi KRI Karotang. Kapal tersebut dibuat pada tahun 2019 yang merupakan karya anak bangsa atau buatan dalam negeri.

Kapal dengan bahan Alminium tersebut memiliki panjang 45 meter dengan kecepatan jelajah 17 knot, memiliki senjata kaliber 30 mm dan 12,7 mm yang diharapkan mampu memberikan "deterrence Effect" terhadap pelaku tindak pidana dilaut. 


"Kapal kebanggaan Lantamal I tersebut diawaki 35 personel TNI AL dengan kemampuan endurance 144 jam," tutur Mayor Andromeda.

Dalam kunjungan kerjanya ke satuan TNI wilayah Sumatera Utara, Irjen TNI awalnya diterima di ruang VIP Mako Lantamal I yang disambut langsung Komandan Lantamal I Laksamana Pertama TNI Achmad Wibisono beserta staf.

Kemudian Irjen TNI meninjau KRI Karotang-872 sebelum mengecek fasilitas Pangkalan TNI AL Lantamal I mulai dari fasilitas kemampuan pangkalan, kesiapan dukungan kesehatan prajurit dan kesiapan unsur patroli yang merupakan tugas pokok Lantamal I. 

Irjen TNI dan rombongan akan direncanakan mengunjungi satuan TNI lainnya mulai dari Kodam I Bukit Barisan dan Satuan Angkatan Udara yang ada di Sumatera Utara.

Kunjungan ini untuk memastikan kesiapan pembangunan fasilitas satuan TNI wilayah Sumatera Utara berjalan sesuai dengan administrasi yang berlaku di lingkungan TNI. 

Pelaksanaan kunjungan kerja di Mako Lantamal I dan peninjauan KRI Karotang-872 diterapkan prosedur kesehatan ketat, demi memutus rantai penyebaran virus Covid-19.*

(R - 1)

Sumber : Dispen Lantamal I

TerPopuler