Pemdes Wringinanom Gelar Door to Door Giat Vaksinasi

Sabtu, 16 Oktober 2021, 10/16/2021 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Probolinggo - Untuk mencapai herd immunity (kekebalan kelompok) dengan percepatan vaksinasi yang merupakan program pemerintah, sejumlah terobosan dilakukan oleh pemerintah Desa Wringinanom. Seperti pada pelaksanaan vaksinasi bagi masyarakat umum yang digelar di Dusun Pusunglor RT.09/RW.03 Desa Wringinanom.

Pj Kepala Desa Wringinanom, Ali Joyo mengatakan, pada pelaksanaan vaksinasi yang digelar blusukan ke setiap dusun, jajaran pemerintah desa (pemdes) bersama tenaga kesehatan (nakes) dari Puskesmas Kuripan dibantu Babinsa Koramil 0820/10, Serka Suryadi melakukan langkah jemput bola ke rumah-rumah warga.

"Upaya ini sengaja dilakukan untuk mengakomodir warga yang tidak bisa mengikuti vaksinasi di sentra vaksin, karena harus bekerja," kata Ali Joyo kepada Snieprs.News, Sabtu (16/10/2021).

Menurut Pj Wringinanom, bagi warga yang tidak bisa vaksin karena harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari keluarganya, diharapkan datangi mereka untuk vaksin. "Kami datangi door to door untuk di vaksin," terangnya.

Ia juga menjelaskan, percepatan vaksinasi  dalam pelaksanaannya meminta bantuan tokoh masyarakat setempat untuk membantu edukasi terhadap warga akan pentingnya mensukseskan program pemerintah.

Langkah serupa juga akan diterapkan pada vaksinasi tempat lain demi mengejar herd imunity agar target percepatan vaksinasi segera tercapai. "Untuk giat vaksinasi ini sasarannya ialah warga Dusun Pusunglor dan sebagian warga Dusun Cabean yang belum mengikuti program vaksin gratis, baik itu yang dosis satu maupun dosis kedua," ujarnya. 

Dalam kesempatan itu, Bidan Lisa selaku bidan desa dan sekaligus vaksinator mengatakan rasa terimakasihnya kepada warga yang telah sukarela untuk datang dan mengikuti program vaksinasi.

"Terima kasih kepada tokoh masyarakat dan pemuda, yang telah membantu mensosialisasikan kepada masyarakat untuk hadir saat program vaksin gratis, tanpa bantuan dari semua pihak sulit untuk tercapainya target herd imunity yang telah ditentukan oleh pemerintah," pungkasnya.*

(Rudi H)

TerPopuler

> Whatsapp-Button