Peringati 262 Tahun Perang Guntung, Pemkab Siak Akan Lakukan Jelajah Sejarah dan Napak Tilas

Selasa, 26 Oktober 2021, 10/26/2021 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Siak - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak bersama Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Siak, dalam waktu dekat akan melaksanakan kegiatan Jelajah Sejarah dan Napak Tilas Sultan Siak ke II Sultan Mahmud Abdul Jalil Muzaffarasyah Tengku Buwang Asmara.


Tujuan kegiatan ini untuk mengingatkan kembali perjuangan Tengku Buwang Asmara, yang dikenal dengan Perang Guntung pada masyarakat luas. Mengisi rangkaian kegiatan bulanan kepahlawanan, yang puncaknya diperingati pada tanggal 10 November 2021.


"Hari ini kita melakukan rapat persiapan pelaksanaan kegiatan Jelajah Sejarah dan Napak Tilas Sultan Siak ke II Sultan Mahmud Abdul Jalil Muzaffarasyah Tengku Buwang Asmara. Kegiatan ini kita lakukan selain sosialisasi, sekaligus mendukung pengusulan calon Pahlawan Nasional kepada Sultan Siak ke II Sultan Mahmud Abdul Jalil Muzaffarasyah (T. Buwang Asmara)," ujarnya.


Hal itu disampaikan Wakil Bupati Siak Husni Merza, saat membuka rapat yang berlangsung di Siak Sri Indapura, Kantor Bupati Siak, Selasa (26/10/2021).


Menurut rencana, Napak Tilas Sultan Siak ke II Sultan Mahmud Abdul Jalil Muzaffarasyah (T. Buwang Asmara) dengan kegiatan bersepeda, yang di mulai dari Kampung Kelakap, Kecamatan Mempura dan finish di halaman Masjid Al-Hidayah Kecamatan Sabag Auh, dengan menempuh jarak kurang lebih 55 km.


"Rencananya, kegiatan ini kita laksanakan pada tanggal 6 November 2021. Sekaligus memperingati 262 tahun penyerbuan Benteng atau Logi di Pulau Guntung Muara Siak oleh askar-askar, yang di pimpin Tengku Buwang pada tanggal 6 November 1759-6 November 2021," terangnya.



Hal senada disampaikan Sekretaris Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Kabupaten Siak Wan Idris. Tujuan dari kegiatan ini mengumpulkan dokumen kegiatan yang berhubungan dengan perjuangan Tengku Buwang Asmara.


"Jadi kegiatan ini melibatkan OPD terkait, dan rutenya juga sudah kita tentukan, tinggal tim melakukan survei jalan yang dilintasi pesepeda," kata dia.


Ia berharap, dengan diselenggarakannya kegiatan ini, masyarakat akan lebih mengenal Tengku Buwang Asmara, calon pahlawan nasional yang akan diusulkan.


"Kami mengajak masyarakat turut berpartisipasi pada kegiatan ini. Mengigat kembali perjuangan, ketokohan Sultan Siak ke II Tengku Buwang Asmara di Selat Guntung pada tanggal 6 November 1759 atau 263 tahun lalu, patut di bangkitkan," pintanya.


Sebelumnya, TP2GD melakukan peninjauan lokasi Jejak Sejarah Tengku Buwang Asmara, yang berlokasi di Kampung Tengah Kecamatan Mempura.*


(Gunawan. S)

TerPopuler

> Whatsapp-Button