Polres Tubaba Sosialisasikan UU RI No 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika

Rabu, 13 Oktober 2021, 17:19 WIB
Oleh julianto88

SNIPERS.NEWS | Tubaba - Polres Tulang Bawang Barat (Tubaba) gelar sosialisasi Undang-Undang (UU) Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan untuk mengetahui penerapan hukuman bagi pecandu narkotika, Kegiatan tersebut berlangsung di aula Polres setempat.

Kapolres Tubaba AKBP Sunhot P Silalahi, S.I.K., M.M., melalui Kasat Narkoba AKP Nasir Eden Panjaitan, S.H., M.H., mengatakan, untuk mencegah dan memberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika yang sangat merugikan dan membahayakan kehidupan masyarakat, bangsa, dan Negara diperlukan pengarahan dan penjelasan tentang bahaya narkoba. 

"Metode kegiatan ini adalah sosialisasi dan memberikan pemahaman tentang Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini memberikan pemahaman mengenai sistem hukuman bagi pecandu narkotika dalam undang-undang bahwa hukum tumbuh dan berkembang dalam masyarakat yang dibentuk dengan tujuan menciptakan ketertiban," ujarnya, Rabu (13/10/2021).

Lanjutnya, Kasat Narkoba, Suatu peraturan hukum untuk keperluan penghidupan masyarakat dengan mengutamakan masyarakatnya, bukan kepentingan perseorangan ataupun golongan. 

"Hukum juga menjaga hak-hak dan menentukan kewajiban-kewajiban anggota masyarakat agar tercipta masyarakat yang teratur, damai, adil, dan makmur. Penegakan hukum adalah suatu proses untuk mewujudkan keinginan-keinginan hukum menjadi kenyataan," paparnya. 

Dalam penyampaian Kasat,  Penegakan hukum terhadap tindak pidana di Indonesia khususnya  Kabupaten Tulang Bawang Barat dilakukan oleh sistem peradilan pidana. Salah satu dasar pertimbangan hakim dalam menentukan berat atau ringannya pidana yang diberikan kepada seorang terdakwa selalu didasarkan asas keseimbangan antara kesalahan dan perbuatan melawan hukum. 

"Dalam putusan hakim harus disebutkan juga alasan pidana yang dijatuhkan sesuai dengan sifat dari perbuatan, keadaan meliputi perbuatan tindak pidana, khususnya tindak pidana narkotika. Tindak pidana narkotika dilihat dari kualifikasi perbuatan pidana dalam beberapa golongan sebagaimana termuat dalam Undang-Undang Narkotika," cetusnya.

(Juli)

TerPopuler