Tak Perlu Tunggu Dana Desa, Warga Muneng Gelar Swadaya Bangun Gorong gorong

Minggu, 10 Oktober 2021, 10/10/2021 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Probolinggo - Masyarakat Dusun Pelan RT.14/RW.03 Desa Muneng Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo rupaya tidak mau menunggu kucuran dana desa yang bersumber dari APBN, dikarenakan fakta yang ada butuh penanganan cepat, maka warganyapun berswadaya dan gotong royong untuk membangun gorong-gorong yang ambles.

Alhasil, dari sumbangan para  donatur setempat terkumpul, bisa membeli beberapa bahan material seperti semen, batu dan pasir serta besi.

Gorong-gorong jalan tersebut merupakan akses jalan utama masyarakat setempat nyaris tidak dapat dilewati dikarenakan setengah bagiannya ambrol.
                         

Dikonfirmasi ditempat, Hola Prabowo, warga yang ikut serta gotong royong bersama warga lainnya mengatakan, bahwa perbaikan gorong-gorong ini murni dananya dari swadaya masyarakat Dusun Pelan Desa Muneng.

"Tidak hanya perbaikan jembatan saja mas, akan tetapi kita juga secara bergotong royong membersihkan jalan agar siapa saja yang lewat di sini bisa aman dan nyaman," kata Hola kepada Snipers.News, Minggu (10/10/2021).

Lebih lanjut, Hola menambahkan bahwa perbaikan gorong-gorong tersebut murni menggunakan dana swadaya masyarakat RT.14/RW.03 Desa Muneng, dan secara gotong royong memperbaikinya.

Sama halnya dengan Samsul, yang merupakan tokoh pemuda Desa Muneng sangat mengapresiasi atas gagasan dan ide warga Dusun Pelan yang telah perbaiki gorong-gorong yang rusak. "Saya sendiri turut serta bersama warga bahu membahu perbaiki gorong-gorong tersebut," terang Samsul.

Dirinya selaku tokoh pemuda sangat mengapresiasi sekali dengan kegiatan tersebut, yang mana telah mewujudkan keinginan warga, sekaligus menghidupkan kembali budaya gotong royong di masyarakat, khususnya warga Dusun Pelan dan pada umumnya masyarakat Desa Muneng Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo. "Dengan perbaikan gorong-gorong tersebut yang nantinya akan dirasakan oleh masyarakat sekitar,” pungkasnya.*

(Tofa/Tofiq)

TerPopuler

> Whatsapp-Button