Trobosan Kreatif Polres Badung Manfaatkan Lahan Tidur Menjadi Produktif

Kamis, 07 Oktober 2021, 20:07 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Badung - Guna meningkatkan perekonomian masyarakat di tengah Pandemi Covid-19, Polres Badung memiliki program trobosan kreatif memanfaatkan lahan tidur menjadi lahan produktif. Hal ini ditegaskan oleh Kapolres Badung AKBP Leo Dedy Defretes, S.I.K., S.H., M.H., bahwa Kepolisian Resor Badung kini sedang mencari lahan tidur untuk dijadikan lahan yang produktif.

"Kita membantu masyarakat membangkitkan perekonomian di tengah Pandemi dengan memanfaatkan lahan tidur menjadi lahan produktif," tegas AKBP Dedy Defretes, S.I.K, S.H., M.H., Kamis, (07/10/2021). 

Lahan tidur tersebut akan ditanam tanaman yang cepat panen, seperti jagung, cabai, timun, kacang panjang, sayur dan lain sebagainya. Sehingga nantinya setelah panen, hasilnya diberikan sepenuhnya kepada masyarakat yang memiliki lahan tersebut. 

"Jadi kita bersama jajaran di masing-masing Polsek mencari lahan tidur untuk ditanam tanaman yang cepat panen. Target semua Polsek bisa mengupayakan mengelola lahan tidur menjadi lahan produktif. Dan baru terealisasi saat ini di Polsek Abiansemal," ujarnya. 

Program ini dilakukan sebagai bentuk upaya kami di Polres Badung untuk meningkatkan perekonomian di tengah pandemi. Untuk tanah yang dikelola adalah tanah milik masyarakat yang tidaK digunakan dan tidak produktif, seperti lahan yang tidak diurus oleh masyarakat sendiri, setelah ditanam, diharapkan masyarakat ikut menjaga tanaman tersebut. 

"Kehadiran Polri khususnya Polres Badung adalah membangkitkan ekonomi rakyat ditengah Pandemi dan kami berharap dengan program trobosan kreatif ini dapat membantu perekonomian masyarakat di tengah pandemi," terangnya. 

Kapolres Badung menambahkan, untuk kebutuhan bibit tanaman yang akan ditanam di lahan tidur, pihaknya akan mengupayakan, sehingga masyarakat tidak terbebani oleh kebutuhan bibit tanaman di lahan tidur miliknya sendiri. 

"Jadi kami akan mengupayakan bibit tanaman untuk ditanam di lahan tidur tersebut dan berkoordinasi dengan pihak terkait," imbuhnya.*

(Arifin/Lilik/Hms)

TerPopuler