Upacara Upasaksi Dewa Yadnya Pedudusan Agung, Labuh Gentuh, Manawa Ratna, Ngenteg Linggih Lan Nubung Pedagingan Pura Desa Adat Lebah Tahun 2021

Minggu, 24 Oktober 2021, 10/24/2021 WIB
Oleh Snipers.news.com

SNIPERS.NEWS | Amlapura - Polda Bali, Polres Karangasem, Kegiatan Upacara Agama Upasaksi Pedudusan Agung Menawa Ratna Ngenteg Linggih lan Nubung Pedagingan Pura Desa Adat Lebah, Minggu 24/10/2021 

Kegiatan upacara tersebut berlangsung Sabtu 23/10/2021 sore kemarin yang dihadiri oleh Gubernur Bali yang diwakili Kepala Badan Pengembangan SDM Provinsi Bali I Gede Darmawa, Bupati Karangasem I Gede Dana, S.Pd. M.Si , Anggota DPRD Prov Bali I Nyoman Oka Antara, SH. MH ,Anggota DPRD Prov Bali I Komang Wirawan , Ketua MDA Kabupaten Karangasem I Ketut Alit Suardana, Camat Kubu I Nyoman Suratika, S.Sos. M.Ap , Kapolsek Kubu AKP I Nengah Sona, SH, Danramil Kubu yang diwakili Bhabinsa Desa Sukadana Serka I Gede Putu Basma,  Ketua MDA Kecamatan Kubu Drs. I Wayan Puspa, Perbekel Sukadana I Gede Suardana,Bhabinkamtibmas Desa Sukadana Aiptu I Gede Putu, Bendesa Adat Se Kecamatan Kubu dan Prajuru Adat lebah serta Panitia Yadnya yang secara keseluruhan berjumlah sekitar 100 orang.

Acara diawali dengan Sembahyang Bersama yang dipandu oleh Jro Mangku Dana dan dan dilanjutkan dengan Penyerahan Dana Punia oleh Kepala Badan Pengembangan SDM Prov Bali sebesar Rp 15 Juta dan Bupati Karangasem sebesar Rp 5 Juta.


Sambutan dari I Made Sudarsana Selaku Menggala Karya menyampaikan Ucapan Terimakasih banyak atas Kedatangan Bapak Gubernur Bali yang diwakili Oleh Bapak Gede Darmawa dan Bapak Bupati Karangasem beserta rombongan dan Seluruh unsur Muspida dan Forkopincam serta Bendesa Adat Seluruh Kecamatan Kubu yang telah bersedia Hadir untuk ngupasaksi kegiatan Yadnya Agung ini yang terselenggara setiap 35 Tahun sekali,  dan dapat kami sampaikan bahwa kegiatan Karya Dewa Yadnya ini sudah dimulai sejak 8 September 2021 dan Acara Puncak Karya Yadnya dilaksanakan Pada hari Rabu Tgl 20 Oktober 2021 (Purname Kelime) yang dipuput oleh 9 Sulinggih dan direncanakan akan berakhir Pada hari Rabu tgl 27 Oktober 2021. (selama 45 Hari), "Papar  Manggal Karya.

Disampaikan Pula bahwa Anggaran Dana yg akan dihabiskan dalam Pelaksanaan Yadnya ini berkisar 900 Juta yang Anggarannya bersumber dari Dana Desa Adat, Dana LPD, Urunan Krama dan Dana Punia, "Tambahnya.

(Agung DP/Iskandar/Hms)

TerPopuler

> Whatsapp-Button