Wisata Kampung Pelangi Randuputih Dikunjungi Plt Bupati Probolinggo, Begini Kisahnya

Minggu, 10 Oktober 2021, 10/10/2021 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Probolinggo - Pantai Kampung Pelangi Randuputih (PKPR) dikejutkan dengan kehadiran pengunjung yang tidak biasa. Pengunjung PKPR itu adalah orang nomor satu di Kabupaten Probolinggo, Plt Bupati Probolinggo H. Timbul Prihandjoko. Kehadirannya di PKP Randuputih betul-betul mengejutkan pengurus Pokdarwis dan pejabat Desa Randuputih.

Pasalnya kehadirannya bersama sedikit rombongan tidak dalam pengawalan Satpol PP dan aparat keamanan lainnya. Sontak kehadiran Plt Bupati di sambut antusias oleh warga yang mengetahuinya.

Yang lebih bikin kaget lagi, dirinya membawa peralatan untuk membuat minum, seperti kompor gas dan minuman kopi serta teh sendiri. "Hal ini sudah biasa saya lakukan jika turba ke desa-desa," kata Plt Bupati Timbil Prihandjoko ketika dikonfirmasi media Snipers.News, Sabtu (9/10) sore.

Usut punya usut, ternyata ia memang sudah terbiasa melakukan hal tersebut, bahkan sebelum menjadi bupati. Hampir seluruh daerah di Kabupaten Probolinggo pernah di singgahi, terutama daerah-daerah yang katanya sulit ditempuh kendaraan, di pegunungan dan perbatasan Probolinggo.
                            

"Saya memang suka blusukan. Terkadang saya bawa tenda hanya untuk bisa bermalam di suatu daerah," tutur Timbul.

Diketahui, kehadiran orang nomor satu di Probolinggo ini disambut hangat oleh Ketua Pokdarwis Randuputih, Agus Lithanta, Satimin selaku sekretaris Desa, H Sukandar, Mantan Kepala Desa Randuputih serta beberapa perangkat desa lainnya.

"Saya memang sudah beberapa waktu lalu mengetahui destinasi wisata di Randuputih ini. Oleh karena itu saya ingin memastikan dan mengetahui lebih jauh tentang PKP Randuputih. Paling tidak kehadiran saya bisa memberi semangat bagi desa yang sedang menggeliat dan ingin mengembangkan potensi wisatanya,” terang bupati yang sangat humble ini.

Politisi Partai PDI Perjuangan ini juga mengatakan tidak ada yang tidak mungkin. Dengan keberadaan PKPR ini, otomatis akan membuat ketertarikan orang lain untuk hadir dan berkunjung di PKP Randuputih. Dengan begitu, bukan hanya potensi wisata yang akan hidup tapi juga akan berdampak secara ekonomi bagi masyarakat Desa Randuputih.

"Jika destinasi wisata ini banyak pengunjung, maka krupuk yang digantung saja bisa laku di sini," imbuhnya dengan bahasa kias.
                             

Sementara itu, Agus Lithanta, Ketua Pokdarwis Randuputih merasa sangat senang dan bangga atas kehadiran orang nomor satu di Kabupaten Probolinggo tersebut.

"Saya tidak menyangka orang nomor satu di Kabupaten Probolinggo akan hadir di sini tanpa sirine dan pengawalan yang resmi. Urusannya hanya ingin memastikan keberadaan destinasi wisata PKPR serta ingin memberi semangat kepada kita semua,” ujar Agus dengan bangga.

Masih menurut Agus, Wisata Kampung Pelangi Randuputih ini merupakan hasil kekompakan masyarakat Desa Randuputih untuk mewujudkan mimpinya memiliki destinasi wisata.

"Spot selfie yang ada di wisata kampung pelangi ini adalah sumbangan dari 5 dusun se-Desa Randuputih, yang waktu itu dilombakan oleh desa menjelang peringatan HUT-RI tahun 2021,” imbuh Agus yang saat ini menjabat Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Probolinggo.

Senada, Sekretaris Desa Randuputih, Satimin mengatakan jika destinasi wisata PKPR mempunyai ikon yang sangat menarik untuk di kunjungi, dan untuk datang ke tempat wisata tidaklah sulit.

"Destinasi wisata ini sudah masuk di mesin pencarian google map. Untuk menemukan keberadaan PKPR, cukup ketik Pantai PKPR Randuputih, maka google map akan mengantarkan anda sampai di destinasi wisata Randuputih,” ungkap Satimin dengan senyum khasnya.

Menurut mantan Kepala Desa Randuputih, H. Sukandar, Randuputih ini punya potensi wisata yang patut dikembangkan. "Alhamdulillah sudah bisa diwujudkan, dan terbukti sudah bisa menarik wisatawan domestik hadir di Randuputih. Tinggal bagaimana menjaga, merawat, dan terus berbenah  agar PKPR Randuputih ke depan semakin baik,” pungkasnya.*

(Taufiq)

TerPopuler

> Whatsapp-Button