2 Pemilik Sabu dan BB Diamankan TNI AL Pomal Lantamal I Dalam Ops Yustisi Gabungan TNI-Polri

Selasa, 16 November 2021, 11/16/2021 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Belawan - Maraknya tempat-tempat hiburan yang disalahgunakan oleh beberapa oknum masyarakat Medan Belawan untuk melakukan transaksi barang-barang haram berupa Narkoba, perjudian dan tawuran di sekitaran Medan Belawan.

POM AL Lantamal I bersinergi dengan POM AD, Polres Pelabuhan Belawan dan Pemda setempat laksanakan operasi yustisa dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyakit masyarakat (Pekat), dengan melakukan penyisiran dan penggrebekan dilokasi yang diduga menjadi sarang perjudian dan narkoba, Selasa (16/11/2021).

Berdasarkan adanya informasi dari masyarakat, bahwa beberapa lokasi disekitar Belawan disinyalir ada oknum membawa Narkoba, dan memasuki pondok-pondok yang diduga tempat transaksi dan pesta Narkoba serta perjudian yang sangat meresahkan masyarakat.

Berawal dari informasi tersebut, Pomal dan Tim gabungan TNI-Polri melaksanakan penyisiran dan pendadakan dibeberapa lokasi, seperti di daerah Gabion, Jalan Karo Belawan, Jalan Veteran dan Lorong Bahagia, Kenanga, Papan serta Melati, yang merupakan daerah yang sering terjadi tawuran. 

Di Jalan Karo, Jalan Veteran Belawan dan Pelabuhan Gabion di dapati 2 (dua) orang berinisial ZM (28) dan IS (25) yang melarikan diri pada saat dilaksanakan penggerebakan tempat judi, petugas gabungan melaksanakan pengejaran dan menangkap 2 orang tersebut, diduga sedang memakai narkoba jenis Sabu, keduanya diamankan oleh petugas gabungan dengan barang bukti sabu-sabu.

Operasi yustisia tersebut merupakan tindak lanjut dari perintah Komandan Lantamal I Laksamana Pertama TNI Achmad Wibisono agar TNI AL Pomal Lantamal I laksanakan operasi penegakan ketertiban masyarakat (Opsgaktib) untuk menciptakan Kota Medan Belawan yang damai dan tertib. 


Pomal Lantamal I yang bersinergi dengan POM AD dan Polres Pelabuhan Belawan serta pemerintah daerah dalam hal ini Camat Belawan melaksanakan penyisiran dan penggrebekan dibeberapa tempat. 

Alhasil, didapatkan pelaku dan barang bukti yang akan diserahkan ke pihak Polres Belawan untuk diproses sesuai hukum yang berlaku. Operasi ini sebagai bentuk sinergitas antar TNI-Polri dan pemerintah daerah dalam hal ini camat untuk menciptakan Belawan yang kondusif. 

"Dengan adanya operasi ini, diharapkan mampu mengurangi keresahan masyarakat dengan masih adanya kegiatan terlarang berupa Judi, Narkoba dan Tawuran sekitar Medan Belawan," pungkas Danpomal Lantamal I Letkol Laut (PM) Desy Arnaz, S.A.P., M.Tr.Opsla.

Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Faisal Rahmat yang turut dalam operasi gabungan tersebut mengatakan, kegiatan dilakukan untuk menyasar tempat perjudian, Narkoba serta semua tempat yang dianggap sebagai tempat yang dapat menimbulkan keresahan ditengah masyarakat.

Barang bukti lain yang berhasil diamankan oleh Tim berupa 2 orang pemilik sabu, 2 Gram Sabu, 15 buah bong sabu, 1 buah meja judi ikan, 1 bilah senjata tajam berupa pedang Samurai, 2 buah Hp merk Mito dan Strawbery, 2 Timbangan, bekas bungkus Sabu dan korek Api. 

"Sebelumnya, barang bukti dan kedua pelaku tersebut diamankan dan dibawa ke Kantor Pomal Lantamal I Belawan, dan selanjutnya akan dibawah ke Polres Belawan untuk ditindak lanjuti," tutur AKBP Faisal.*

(R - 1)

Sumber : Dispen Lantamal I

TerPopuler

> Whatsapp-Button