Akibat Hujan Deras Terus Menerus, Longsor Terjadi di Dusun Temukus Besakih

Kamis, 11 November 2021, 11/11/2021 WIB
Oleh Snipers.news.com

SNIPERS.NEWS | Amlapura - Personil Polsek Rendang Polres Karangasem melaksanakan tugas patroli kamtibmas di wilayah hukum Polsek Rendang, Kamis (11/11/2021).

Personil Polsek Rendang melaksanakan patroli ke wilayah tanah longsor dipimpin langsung Panit Samapta Polsek Rendang Aiptu I Wayan Suparma dengan Aipda I Kadek Sugiama anggota Polsubsektor Besakih dan Bhabinkamtibmas Besakih Bripka I Made Ngasep.

Dengan adanya hujan terus menerus dari kemarin sehingga mengakibatkan adanya tanah longsor di Dusun Temukus Desa Besakih yang menutupi akses jalan
Sehingga masyarakat tidak bisa keluar masuk disebabkan jalan satu-satunya menuju Dusun tersebut tertutup tanah.

Menyikapi hal tersebut Bhabinkamtibmas Desa Besakih Bripka I Made Ngasep menghubungi Dinas PUPR Kabupaten Karangasem agar dikirimkan alat berat untuk memindahkan tanah yang menutupi jalan, sehingga masyarakat dapat kembali berlalu-lalang.

Di konfirmasi mitra Humas, Bhabinkamtibmas Desa Besakih Bripka I Made Ngasep mengatakan, bahwa tanah longsor sering terjadi di Dusun Temukus Desa Besakih, karena tanah disana adalah tanah berpasir dan jarang ada tumbuhan besar yang mampu menopang tanah bila terjadi hujan secara terus menerus.

"Seperti yang kita lihat, daerah berbukit hanya ditumbuhi pohon kaliandra yang hanya memiliki akar kecil, jadi tidak mungkin bisa memegang tanah. Akibat kejadian tersebut tidak ada korban jiwa ataupun material, dan saya sangat berharap jika ada penghijauan dari pemerintah disini perlu ditanami pohon-pohon besar untuk menghindari terjadinya erosi," ujarnya berharap.*

(Agung DP/Iskandar/Hms)

TerPopuler

> Whatsapp-Button