Alex Situmorang Dilantik Jadi Ketua Persatuan Etnis Batak Toba

Rabu, 17 November 2021, 11/17/2021 WIB
Oleh Link


SNIPERS.NEWS | BINJAI - Persatuan Etnis Batak Toba (PEBT) Kota Binjai resmi dilantik di Pendopo Umar Baki, Jalan Veteran, Kecamatan Binjai Kota, dengan Ketua Umum Alex Situmorang, Rabu (17/11). 

Pelantikan PEBT dihadiri Wali Kota Binjai Amir Hamzah diwakili Kepala Kesbangpol T Syarifuddin, Ketua DPRD Binjai Noor Sri Syahalam Putra, unsur Muspida dan Muspika, serta para ketua etnis yang ada di Kota Binjai. 


Pada kesempatan itu, Wali Kota Binjai yang diwakili T Syarifuddin, memberikan ucapan selamat dan mendoakan agar PEBT terus berjalan dengan langgeng. 

"Kami sangat berterimakasih dengan adanya PEBT yang ingin mendukung program Pemko Binjai. Harapkan kami, jangan ada perpecahan di antar etnis kita. Mari bersatu untuk membangun Binjai ke arah lebih baik lagi," ujar T Syarifuddin. 

Sementara Ketua DPRD Binjai, Noor Sri Syahalam Putra, atau akrap siapa Kires, meyakini tiga amanah yang dipercauakan kepada Ketua Umum PEBT dapat dilaksanakan dengan orang-orang yang mumpuni di dalamnya. 


"Saya yakin, tiga amanah yang diemban, mulai dari menyatukan etnis batak, mengembangkan seni budaya etnis batak toba, dan berkolaborasi dengan pemerintah, dapat dijalankan dengan baik," ucapnya. 

"Saya sangat mendukung pengembangan seni budaya etnis. Jangan sampai 18 etnis yang ada di Kota Binjai ini terdegradasi dengan budaya lain. Karena itu kami sudah anggarkan Rp500 juta di Dinas Pariwisata," bebernya.

Ketua Umum PEBT Kota Binjai Alex Situmorang, mengatakan, akan membangun sanggar tari tortor batak toba pada tahun 2022 mendatang. 

"Pembangunan sanggar ini dimaksudkan untuk mengembangkan dan melestarikan adat istiadat batak toba. Kalau ada putra/i yang mau belajar nari, silahkan. Kita buat gratis," tegasnya. 

Alex juga menegaskan, siap mempersatukan etnis batak toba dan bersinergi dengan Pemko Binjai untuk menjalankan program yang sudah dicanangkan. "Dengan bersatu padu, tentunya kita dapat membangun kota ini ke arah yang lebih baik," kaya Alex. 

Seperti diketahui, PEBT Kota Binjai diisi dengan 73 orang beserta para kepengurusannya. Pelantikan organisasi ini sesuai Surat Keputusan Nomor: 05/SKEP-PEBT.KB/2021 dan dilalukan setelah Musda ke III. Sementara Sekretaris Umum organisasi ini diemban Ls. Jesrel Pasaribu dan Bendahara Umum Robert Sirait. 

( Raiyan )

TerPopuler

> Whatsapp-Button