Berikan Arahan Pada Bhabin, Kapolres Sigi Pesan Agar Humanis dan Tidak Sombong

Kamis, 18 November 2021, 11/18/2021 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Sigi - Kapolres Sigi AKBP Reja A Simanjuntak, S.H., S.I K., M.H., yang didampingi Wakapolres dan Kasat Binmas Iptu Ashari Lumuan melaksanakan tatap muka dan silaturahmi kepada para Bhabinkamtibmas jajaran Polres Sigi, Kamis (18/11/21).

Bhabinkamtibmas adalah garda terdepan Polri dalam pemeliharaan keamanan dan ketertiban di masyarakat, serta bertanggung jawab akan permasalahan di desa binaan.

Bertempat di halaman parkir Mapolres Sigi, Anggota Bhabinkamtibmas telah mendapatkan arahan dari Kapolres, mengenai tugas dan fungsi Bhabinkamtibmas di desa/kampung.

Dalam arahannya, AKBP Reja A Simanjuntak berharap, agar tugas seorang Bhabinkamtibmas itu betul-betul di perhatikan dan di pedomani sesuai dengan apa yang telah di dapat dan diterima, serta diterapkan ke masyarakat terutama terkait deteksi dini dan pencegahan masalah kepada masyarakat binaan.

Sesuai dengan perkataan Kapolri, bahwa Polri akan memusatkan kekuatan pada Bintara Pembinaan dan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas), dalam melakukan pendekatan terhadap masyarakat, berhubung hal tersebut sangat berguna untuk memberikan pandangan tentang betapa pentingnya rasa persatuan, sekaligus pendekatan ke masyarakat secara langsung.

Dengan adanya kehadiran Bhabinkamtibmas, hal ini merupakan salah satu bentuk visi dan misi Kapolri, yaitu promoter (profesional, modern dan terpercaya). Maka, diharapkan kehadiran Bhabinkamtibmas di setiap kegiatan masyarakat.

"Polisi harus menjadi solusi untuk permasalahan warga, dan Bhabinkamtibmas dikedepankan untuk melakukan deteksi dini di setiap gangguan Kamtibmas," ujar Kapolres.

Lanjut Kapolres, Bhabinkamtibmas adalah seorang pemimpin di tingkat desa, maka seorang anggota bhabin harus memiliki sifat melayani, mengayomi dan dapat menjadi solusi.

Bhabinkamtibmas sebelum menyelesaikan permasalahan warga, terlebih dahulu harus memahami pokok permasalahan itu lebih dulu, kemudian pikirkan solusi yang terbaik dari permasalahan tersebut. Dengan kewenangan yang diberikan, bukan berarti seorang bhabin harus menyombongkan diri, lakukan pendekatan dan tetap rendah hati terhadap masyarakat

"Masalah sebesar apapun bisa dapat diselesaikan oleh Bhabinkamtibmas, jika seorang bhabin mempunyai pengaruh besar di desa, sehingga permasalahan dapat diselesaikan bersama warga dan Kepala Desa. Untuk itu saya berharap, bhabin harus humanis dan selalu rendah hati jangan sok-sokan. Dengan begitu, akan ada apresiasi dan penghargaan kepada bhabin yang berprestasi dan mempunyai inovasi," tutur Kapolres.*

(Yudi/Hms)

TerPopuler

> Whatsapp-Button