Bupati Agara Buka MTQ Ke 38 Tingkat Kabupaten

Kamis, 25 November 2021, 11/25/2021 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Kutacane - Bupati Aceh Tenggara (Agara) Raidin Pinim secara resmi membuka Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke 38 tingkat kabupaten. Bertempat di lapangan Desa Kuta Batu, Kecamatan Lawe Alas, Kamis (25/11/21).

Dalam kesempatan ini, Bupati Agara meminta pihak terkait untuk membuat kajian persentase jumlah pembaca dan memahami Al-Qur'an, khususnya di Kabupaten Aceh Tenggara.

Sebab, kata Bupati Raidin Pinim, secara nasional tingkat pemahaman dan minat membaca Al Qur'an sangat rendah. Karena itu, melalui MTQ ini diharapkan para peserta dapat menjadikan Al Qur'an sebagai pedoman dan pegangan hidup.

"Pelaksanaan MTQ bukan sebagai bahan bacaan seremoni saja, namun dapat menjadi media dakwah dan syiar keagamaan dan mampu menjadi pencerahan rohani, sehingga dapat mewarnai akhlaqul karimah bagi generasi muda," harap Bupati mengawali sambutannya.

Raidin juga berharap, pelaksanaan MTQ ke 38 ini dapat sejalan dengan visi misi Kabupaten Aceh Tenggara yang religius, berbudaya dan berperadaban dengan baik.

Dirinya berpesan kepada panitia, semoga MTQ ke 38 ini dapat terselenggara dengan baik bersifat selektif dan kompetitif, serta pihak panitia harus mampu menjadi hakim yang adil sesuai dengan kemampuan, sehingga tercipta kafilah-kafilah yang mampu meraih prestasi terbaik, yang akan diikutsertakan dalam perhelatan pada MTQ tingkat Provinsi Aceh yang akan diselenggarakan di Kabupaten Bener Meriah pada 2022.

"Mari tingkatkan kemampuan, sehingga dapat berpengaruh positif dan bersaing untuk kafilah Aceh Tenggara pada perhelatan MTQ di Kabupaten Bener Meriah pada tahun yang akan datang," ungkap Raidin Pinim, sekaligus membuka MTQ ke 38 Aceh Tenggara yang dihadiri seluruh SKPK.

Pelaksanaan MTQ  Aceh Tenggara ini digelar selama lima hari sejak 25-29 November 2021, dengan menampilkan sebanyak 16 kafilah dari 16 kecamatan yang ada di Kabupaten Aceh Tenggara.*

(Alek)

TerPopuler

> Whatsapp-Button