Cegah Berita Hoax Jelang Pilkades Serentak 2021, AJIB Bondowoso Rapatkan Barisan

Sabtu, 13 November 2021, 11/13/2021 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Bondowoso - Dua hari menjelang pelaksanaan pemungutan suara Pilkades serentak di 171 se-Kabupaten Bondowoso, Aliansi Jurnalis Independen Bondowoso (AJIB) menggelar pertemuan dengan semua wartawan dan media yang tergabung di dalamnya. Bertempat kediaman Suwaris Kabiro Snipers.News di Desa Kali Tapen, Kecamatan Tapen, Sabtu (13/11/2021). 

Pertemuan tersebut dalam rangka komitmen bersama untuk mengantisipasi dan menangkal berita hoax pra dan pasca pilkades dilaksanakan. 

Ketua AJIB Arik Kurniawan mengatakan, tantangan besar media massa dalam situasi politik adalah berita hoax, baik dari pemilihan Presiden, Gubernur, Bupati bahkan saat ini Pilkades yang sebentar lagi dilaksanakan di Bondowoso. 

Menurutnya, berita hoax biasanya bersumber dari isu yang berkembang ditengah masyarakat, medsos dan statemen yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. 
                         

"Sebelum memberitakan, sebagai wartawan, harus melakukan kroscek kebenaran untuk memastikan bahwa informasi itu faktual," terangnya. 

Arik menjelaskan, wartawan merupakan ujung tombak menangkal berita bohong yang makin banyak beredar di media sosial dengan melaksanakan tugasnya secara profesional sesuai aturan yang tertuang dalam kode etik jurnalistik. 

“Hoax bukanlah produk jurnalistik, namun sering kali dikaitkan dengan pemberitaan. Oleh karena itu, wartawan harus bisa menangkalnya dan memberikan informasi yang benar kepada masyarakat.” katanya.

Lebih lanjut dia memaparkan, informasi yang benar sekalipun harus tetap mempertimbangkan manfaat bagi masyarakat yang bersifat edukasi. Karena produk jurnalistik pada akhirnya harus bisa memberikan kebaikan kepada masyarakat yang membacanya. 

“Karena itu wartawan dituntut untuk meningkatkan kualitas dan kapasitasnya, memberitakan yang seimbang, objektif. Karena satu saja wartawan yang melakukan tindakan tidak benar, bisa mencoreng nama wartawan lain secara keseluruhan," ungkapnya. 

Oleh sebab itu, tambahnya, mengingat saat ini Bondowoso akan melaksanakan hajat demokrasi berupa Pilkades, peran wartawan sangat urgent dalam mengawal pemberitaan terkait Pilkades. 

Dia menyarankan, agar semua wartawan yang tergabung di AJIB untuk bersinergi dengan pihak terkait, saperti panitia tingkat kabupaten, DPMD, Camat, Polsek dan Pemerintah Desa (Pemdes). 

"Dengan pertemuan ini, kami berharap semua rekan-rekan wartawan yang ada di AJIB untuk bersama-sama menangkal berita hoax, bersinergi dengan semua pihak terkait serta mendukung pemerintah untuk mensukseskan Pilkades yang aman dan kondusif," pungkasnya.*

(suwaris)

Sumber : Tim AJIB.

TerPopuler

> Whatsapp-Button