Komsos Dengan Komponen Bangsa Lainnya, Kodim 1619/Tabanan Hadirkan Komunitas Pengemudi

Selasa, 23 November 2021, 11/23/2021 WIB
Oleh Snipers.news.com

SNIPERS.NEWS | Tabanan - Membangun karakter bangsa yang berwawasan kebangsaan tidak terbentuk dengan sendirinya atau otomatis, tetapi melalui proses yang dilaksanakan secara terus menerus serta memerlukan adanya situasi yang kondusif, baik dalam lingkungan keluarga, pekerjaan maupun tempat tinggal dan lingkungan sosial yang memungkinkan, sehingga terbentuknya karakter bangsa yang meliputi wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya serta membangun memelihara meningkatkan dan memantapkan kemanunggalan TNI Rakyat. 

Kodim 1619/Tabanan, sebagai Aparat Komando Kewilayahan (Apkowil) memiliki peran didalam mewujudkan hal tersebut melalui kegiatan yang telah terprogram, salah satunya dengan melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan komponen bangsa lainnya (Pembinaan Komunitas) di Wilayah Kabupaten Tabanan, pada Selasa (23/11/21).

Kegiatan yang dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan di halaman belakang Makodim ini menghadirkan para pengemudi transportasi di Kabupaten Tabanan, yang dibuka langsung oleh Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Ferry Adianto, S.I.P., dan dihadiri oleh Kasdim Mayor Inf Dewa Putu Oka, para perwira jajaran Kodim 1619/Tabanan serta para peserta komsos komunitas pengemudi Tabanan.

Dalam sambutannya, Dandim 1619/Tabanan mengatakan, bahwa pertahanan dan kekuatan pendukung perlu disiapkan secara dini, sesuai dengan sistem pertahanan semesta serta upaya untuk membangun, memelihara, meningkatkan dan memantapkan kemanunggalan TNI-Rakyat melalui kegiatan bantuan untuk mengatasi kesulitan rakyat.

Lebih lanjut, "untuk menjalin hubungan yang harmonis dengan seluruh komponen bangsa dalam rangka mewujudkan saling pengertian, pemahaman tentang peran fungsi dan tugas masing-masing, kita tidak ada yang paling super dan tidak ada yang paling kuat. Kita saling bekerjasama dan saling mengisi sesuai profesi kita masing-masing," ucapnya.

"Kehidupan atau perekonomian di wilayah Kabupaten Tabanan tidak terlepas dari peran rekan-rekan pengemudi ataupun sopir. Dan kita semua menyadari, bahwa kita semua memiliki peran penting masing-masing untuk menjalin hubungan yang harmonis dengan seluruh komponen bangsa, dalam rangka mewujudkan saling pengertian dan pemahaman tentang peran fungsi dan tugas masing-masing. Bahkan, diharapkan mampu mewujudkan suatu kemampuan dalam membangun pemahaman dan persepsi yang positif serta mampu mewujudkan kesamaan visi dan misi tersebut, dalam menyikapi dan mengantisipasi dinamika kehidupan di masyarakat," tambahnya.


Selanjutnya, Dandim mengingatkan semua pihak untuk mengetahui, bahwa saat ini sudah satu tahun setengah hampir dua tahun khususnya di wilayah Kabupaten Tabanan dan secara umum di Provinsi Bali tidak hanya di sektor-sektor pariwisata saja yang terdampak pandemi covid-19 tetapi sektor-sektor perekonomian di bidang transportasi itu pun sama karena dengan adanya pembatasan, adanya kasus yang naik cukup berpengaruh terhadap perputaran roda perekonomian, sehingga di sini kita ingin mengajak para pengemudi dalam menjalankan aktifitasnya nanti di luar tetap harus berpedoman dengan protokol kesehatan jangan sampai kita Abai dan lalai anjuran Pemerintah, tandasnya.

Kegiatan juga diisi dengan acara penyerahan bingkisan dari Dandim 1619/Tabanan kepada  para peserta Komsos Komunitas Pengemudi Kabupaten Tabanan.*

(Agung DP/Iskandar)

TerPopuler

> Whatsapp-Button