Lapas Kelas II.B Luwuk Terus Lakukan Binrohtal Bagi Warga Binaannya

Jumat, 19 November 2021, 11/19/2021 WIB
Oleh Cinta Pradiva Alvina Ardianti

SNIPERS.NEWS | Banggai - Pada hari ini, Jumat 19 November 2021 pukul 09.00 s/d 10.00 Wita, bertempat di Masjid At Taubah  Lapas Luwuk telah diadakan pembinaan rutin bagi WBP Muslim oleh Ustad Dwi Hudiyono, S.H., Lc., dengan memberikan materi tentang keutamaan shalat subuh. 

"Namun, sholat subuh menjadi hal yang begitu berat untuk dilakukan. Butuh perjuangan ekstra untuk dapat melakukan kewajiban tersebut. Terkadang, beberapa orang melewati waktu subuh karena tidak bangun pagi untuk melakukannya. Padahal sholat subuh menjadi salah satu kewajiban bagi setiap umat Islam, dan memiliki keutamaan yang luar biasa," kata Ustadz Dwi Hudiyono.

Ustadz Dwi Hudiyono, dalam kesempatan itu juga mengutip dari ayat Al Qur'an, yang artinya : "Sesungguhnya sholat yang paling berat dilaksanakan oleh orang-orang munafik adalah sholat isya dan sholat subuh. Sekiranya mereka mengetahui keutamaan keduanya, niscaya mereka akan mendatanginya sekalipun dengan merangkak." (HR. Bukhari no. 657 dan Muslim no. 651).

Berikut beberapa keutamaan dan keistimewaan dari melaksanakan ibadah sholat subuh : 

- Mendapatkan Rezeki. Keutamaan pertama yang didapatkan ketika melaksanakan sholat subuh yaitu akan dilapangkan rezekinya. Suatu ketika, Nabi Muhammad SAW tengah melaksanakan sholat subuh. Setelah selesai, beliau kembali ke rumah dan mendapati putrinya Fatimah yang masih tertidur pulas.

Kemudian, beliau membalikkan tubuh Fatimah dan kakinya lalu mengatakan sesuatu kepada putrinya yang berisi:

"Hai Fathimah, bangun dan saksikanlah rezeki Rabb-mu karena Allah membagi-bagikan rezeki para hamba antara sholat subuh dan terbitnya matahari." (H.R. Baihaqi).

- Sebagai Kunci Kemenangan. Pada zaman Rasulullah SAW, ketika beliau ingin menyerang suatu kaum, maka beliau menundanya hingga datang waktu subuh. Hal tersebut disampaikan dalam hadis riwayat Bukhari :

"Rasulullah apabila hendak menyerbu suatu kaum, beliau menundanya hingga tiba waktu subuh." (HR Bukhari).


- Mendekatkan Pada Pintu Surga. Selain itu, melaksanakan sholat subuh juga memiliki keutamaan sebagai salah satu penyebab masuk surga. Hal ini disampaikan dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW bersabda yang berbunyi :

"Barang siapa yang mengerjakan sholat bardain (yaitu sholat subuh dan ashar) maka dia akan masuk surga." ( HR. Bukhari no 574 dan Muslim no 635).

- Menjadi Penghalang Masuk Neraka. Selanjutnya, sholat subuh menjadi salah satu penghalang untuk orang-orang yang menjalankannya masuk ke neraka. Maka dari itu, lakukanlah sholat subuh maupun sholat lainnya dengan hati yang ikhlas dan niat karena Allah SWT. Hadis riwayat Muslim menyampaikan, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda yang berbunyi :

"Tidaklah akan masuk neraka orang yang melaksanakan sholat sebelum terbitnya matahari ( yaitu sholat subuh dan sholat sebelum tenggelamnya matahari yaitu sholat ashar." (HR. Muslim no. 634).

- Sebagai Sumber Cahaya Saat Kiamat. Ketika hari kiamat datang menghampiri, sholat subuh menjadi salah satu sumber cahaya yang akan menerangi umatnya ketika seluruh sumber cahaya di dunia akan padam.

Matahari yang biasa menerangi akan digulung dan hanya ibadah yang akan menerangi.

- Mendapatkan Jaminan dari Allah SWT.
Rasulullah SAW berjanji, apabila umatnya melaksanakan sholat subuh, maka Allah SWT akan melindungi siapapun yang mengerjakannya seharian penuh. Rasulullah SAW bersabda dalam hadis riwayat Muslim dari Jundab bin Sufyan yang berbunyi:

''Barangsiapa yang menunaikan sholat Subuh maka ia berada dalam jaminan Allah. Maka jangan coba-coba membuat Allah membuktikan janji-Nya. Barangsiapa yang membunuh orang yang menunaikan sholat Subuh, Allah akan menuntutnya, sehingga Ia akan membenamkan mukanya ke dalam neraka.” (HR Muslim, at-Tirmizi dan Ibnu Majah).

- Mendapat Keberkahan dari Allah SWT.
Apabila melaksanakan sholat subuh secara berjamaah, maka kelak akan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Hal tersebut dikarenakan, ketika melaksanakan sholat subuh maka seluruh kegiatan manusia akan dilakukan pagi hari, terlebih aktivitas wajib dan pelaksanaan sholat subuh berjamaah.

Di harapkan, dengan adanya pembinaan WBP dapat menjadi pribadi manusia yang sebenarnya," demikian penjelasan Ustadz Dwi Hudiyono dalam tausyiahnya.*

(Yudi/Hms)

TerPopuler

> Whatsapp-Button