Peduli Lahan Kritis, Kodim 0822 Bondowoso Gelar Rehabilitas Hutan dan Lahan

Selasa, 23 November 2021, 11/23/2021 WIB
Oleh TAUFIQ PERS


SNIPERS.NEWS | Bondowoso - Rehabilitas Hutan dan Lahan (RHL) Pemeliharaan pertama (P1) pasca bencana Gunung Suket Desa Jampit Kecamatan Ijen Tahun 2021 di wilayah Kodim 0822 Bondowoso. 

Ribuan bibit pohon beragam jenis ditanam pada petak 91, 92, dan 99 kawasan lahan Perhutani KPH Bondowoso BKPH Sukosari RPH dataran Ijen Bondowoso, Selasa (23/11/2021). 

Dandim 0822/Bondowoso yang diwakili oleh Kasdim Mayor Inf Irawan Setiadi, S.H., saat memimpin kegiatan rehabilitas di pegunungan Ijen Bondowoso mengatakan, puji syukur kehadirat Allah SWT, pada pagi ini akan melaksanakan Rehabilitas Hutan dan Lahan (RHL) Pemeliharaan pertama (P1) pasca bencana Gunung Suket Desa Jampit Kecamatan Ijen tahun 2021 di wilayah Kodim 0822 Bondowoso. 

"Kegiatan ini dilakukan sebagai tindak lanjut arahan pimpinan, agar menanam tumbuhan pada medan kritis perbukitan yang rawan terjadinya longsor," jelasnya.

Menurutnya, Kodim 0822 Bondowoso sebagai satuan komando kewilayahan mempunyai tugas membantu pemerintah daerah, dalam menanggulangi bencana alam yang selalu bersinergi dengan semua unsur kekuatan yang ada di daerah untuk melaksanakan penghijauan penanaman pohon, hal ini merupakan salah satu solusi untuk mencegah musibah bencana banjir dan tanah longsor.

Serangan rehabilitas Ijen yang diikuti dari berbagai komunitas peduli lingkungan serta anggota TNI dan Polri serta masyarakat ini untuk menghijaukan kembali lereng Gunung Suket di Pegunungan Ijen yang gundul akibat pembakaran hutan dan lahan (karhutla) dan alih fungsi lahan beberapa tahun yang lalu.

"Tidak kalah pentingnya, serangan rehabilitas ini juga sebagai antisipasi mencegah longsor dan banjir," pungkasnya.*

(Suwaris)

Editor : Taufiq

Sumber : Pendim 0822 Bondowoso

TerPopuler

> Whatsapp-Button