Pelaksanaan Lomba Gebogan Bunga Kodim 1616/Gianyar Dalam Rangka Komsos Kreatif

Selasa, 23 November 2021, 11/23/2021 WIB
Oleh Cinta Pradiva Alvina Ardianti

SNIPERS.NEWS | Gianyar - Kodim 1616/Gianyar melaksanakan lomba gebogan bunga dalam rangka Komsos Kreatif yang diikuti oleh ibu-ibu PKK Kabupaten Gianyar yang dilaksanakan di Gedung Manunggal TNI Rakyat, Makodim 1616/Gianyar. Selasa (23/11).

Dalam sambutannya, Dandim 1616/Gianyar, Letkol Inf. Hendra Cipta, S.Sos., menyampaikan, kegiatan komunikasi sosial sebagai salah satu metode pembinaan teritorial, harus dilaksanakan secara terarah, yang juga merupakan upaya dan pekerjaan untuk membantu pemerintah dalam menyiapkan kekuatan pertahanan dan kekuatan pendukungnya serta mewujudkan kemanunggalan TNI- Rakyat. 

Dalam melaksanakan kegiatan penyelenggaraan komsos kreatif, bahwa seluruh prajurit TNI bersama-sama dengan komponen bangsa khususnya, harus mampu menyiapkan potensi daerah menjadi kekuatan pertahanan yang disiapkan secara dini meliputi wilayah pertahanan beserta pendukungnya kreatif, dilaksanakan melalui berbagai media yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi wilayah serta memanfaatkan potensi kearifan lokal yang dimiliki masing-masing daerah.

Perkembangan situasi pandemi Covid-19 yang saat ini melanda Indonesia dan seluruh dunia memaksa kita untuk mampu bangkit dan berupaya memanfaatkan potensi wilayah atau kearifan lokal yang ada, agar dapat mendorong perekonomian masyarakat terutama yang terdampak pandemi Covid-19.

Untuk menghadapi kondisi saat ini, agar dapat meminalisir kesenjangan sosial terutama karena dampak pandemi Covid-19, maka dilaksanakan kegiatan untuk penguatan UMKM di wilayah yang kreatif dan inovatif dengan membuat gebogan bunga.


Gebogan atau pajegan digunakan oleh umat agama Hindu di Bali, biasanya terdiri dari kumpulan buah-buahan jajan atau bunga yang disusun rapi di atas sebuah dulang, gebogan biasanya disuun (diletakkan di atas kepala) oleh ibu-ibu dan dibawa menuju pura sebagai bentuk persembahan kepada Ide Sang Hyang Widhi Wasa, namun semakin pesatnya perkembangan pariwisata di Bali menjadikan gebogan,  sebagai hiasan atau benda seni yang dipakai di tempat-tempat upacara seperti pernikahan, odalan dan lain sebagainya.

"Kegiatan ini bertujuan untuk menjalin komunikasi sosial kreatif yang sehat dan harmonis melalui seni, membuat gabongan bunga untuk meningkatkan silaturahmi antara Prajurit TNI dengan segenap komponen masyarakat di wilayahnya," pungkasnya.

Pemenang lomba Gebogan bunga yaitu Juara I, Ibu-ibu PKK Kecamatan Ubud dengan Nilai 1.330, Juara II, Ibu-ibu PKK Kecamatan Blahbatuh dengan Nilai 1.310, dan Juara III, Ibu-ibu PKK Kecamatan Tegallalang dengan Nilai 1255 serta Juara harapan, Ibu-ibu PKK Kecamatan Payangan dengan nilai 1.200.

Penyerahan piagam penghargaan, piala dan uang pembinaan kepada pemenang lomba pembuatan Gebogan bunga oleh Dandim 1616/Gianyar, dan penyerahan bingkisan oleh Kasdim 1616/Gianyar.*

(Arifin/Lilik)

TerPopuler

> Whatsapp-Button