Waka Polres Tabanan Pimpin Lat Pra Ops Zebra Agung Dengan Menerapkan Prokes Ketat

Sabtu, 13 November 2021, 18:07 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Tabanan - Dalam Rangka Cipta kondisi untuk tetap terpeliharanya Kamseltibcarlantas menjelang Natal 2021 dan menyambut tahun baru 2022 di masa Pandemi Covid-19  di wilayah hukum Polres Tabanan.

Polda Bali beserta jajaran Polres se Bali termasuk Polres Tabanan secara serentak akan menggelar Operasi Kepolisian dengan sandi “Ops Zebra Agung 2021“ selama 14 hari, di mulai pada tanggal 15 Nopember 2021 s/d tanggal 28 Nopember 2021.

Sebelum hari “H“ pelaksanaan Ops Zebra digelar, Waka Polres Tabanan Kompol I Ketut Gelgel, S.Sos, didampingi Kabag Ops Kompol I Nengah Sudiarta, S.Sos., memimpin Latihan Pra Operasi bertempat di Rupatama Polres Tabanan, Sabtu (13/11/2021) pagi.

Atas seijin Kapolres Tabanan AKBP Ranefli Dian Candra, S.I.K., M.H., diikuti anggota Polres Tabanan yang telibat langsung dalam pelaksanaan giat Operasi Zebra Agung 2021.

Lat Pra Ops ini sengaja dilaksanakan sebagai wujud pembelajaran / pelatihan dan pembekalan, bagi semua anggota yang terlibat langsung dalam kegiatan operasi guna meningkatkan kemampuan profesionalisme personel dan kesamaan persepsi, pola tidak dalam pelaksanaan tugas dilapangan pada saat melaksanakan tugas.


Dalam pelaksanaan Lat Pra Ops tetap memberlakukan Prokes ketat, acara kegiatan dibuka oleh Waka Polres Tabanan Kompol I Ketut Gelgel, S.Sos., memberikan arahan pada intinya, “Lat Pra Ops Zebra Agung 2021 ini kita laksanakan untuk meningkatkan kemampuan profesionalisme masing-masing personel, sehingga selama operasi berlangsung dapat berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, berhasil maksimal serta berdampak dan manfaatnya dapat dirasakan masyarakat, untuk itu laksanakan dan ikuti Lat Pra ops ini dengan sungguh - sungguh yang dilandasi rasa tanggung jawab," ucap Waka Polres mengawali arahannya.

Ketersediaan waktu latihan ini sangat singkat, untuk itu para Instruktur penyaji materi supaya menyampaikan materi hanjar dengan simple, mudah dipahami, bila perlu disimulasikan bersama agar ada kesamaan persepsi dan pola tindakan pada saat melaksanakan tugas nantinya, penyajian materi yang menyangkut hal-hal yang sangat prinsip dan yang mendasar agar disampaikan berulang dan detail, tuntas supaya dapat dipahami bersama," tegas Waka Polres Tabanan menambahkan.

Pimpinan berharap personel yang terlibat langsung dalam kegiatan Operasi dapat melaksanakan tugas sesuai dengan perannya, disaat ini kita masih dalam situasi pandemi Covid-19, semua jangan abai Prokes, terlebih disaat melaksanakan tugas, semua personel harus menjadi contoh dan mampu memberi contoh kepada masyarakat akan pentingnya disiplin Prokes untuk memutus penyebaran Covid-19.

Selesai arahan dari Waka Polres dilanjutkan arahan dari Kabag Ops yang terkait dengan Mekanisme pelaksanaan Operasi secara umum, kemudian dilanjutkan penyajian materi hanjar yang disajikan oleh masing-masing Instruktur Satgas, pada intinya dalam materi hanjar para Instruktur  menegaskan kegiatan Operasi mengedepankan pendekatan prepentif Humanis, medel / bentuk kegiatan penyuluhan, Penmas Kamtiselcar lantas dan pendisiplinan Prokes upaya mencegah penyebaran Covid-19.

Selama Lat Pra Ops berlangsung berjalan aman tertib lancar, dalam Rangka Cipta kondisi Kamseltibcarlantas menjelang Natal 2021 dan tahun baru 2022 di tengah Pandemi Covid-19 di wilayah hukum Polres Tabanan.*

(Arifin/Lilik/Hms)

TerPopuler