ABPEDNas Segera Terbentuk di Kabupaten Probolinggo, Begini Kata Mahfud

Rabu, 29 Desember 2021, 12/29/2021 WIB
Oleh TAUFIQ PERS
                               

SNIPERS.NEWS | Probolinggo - 
Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di wilayah Kabupaten Probolinggo  akan segera memiliki sebuah wadah organisasi.

Lembaga BPD akan segera tergabung dalam Asosiasi Badan Permusayawaratan Desa Nasional (ABPEDNas).

"Kita saat ini alam proses pembentukan pengurus ditingkat Dewan Pimpinan Cabang (DPC), Insyaallah dalam waktu dekat akan segera rampung," kata  Koordinator Pembentukan DPC ABPEDnas Kabupaten Probolinggo Mahfud Hidayatullah, Rabu (29/12).

Dalam pembentukan kepengurusan, Mahfud menjelaskan pihaknya menjaring perwakilan calon pengurus di DPC dari 24 Kecamatan yang tersebar di Kabulpaten Probolinggo.

"Semua perwakilan ditingkat kecamatan yang ada, kami masukkan," jelasnya.

Mahfud menilai, organisasi BPD memang sangat dibutuhkan untuk segera terbentuk di Kabupaten Probolinggo. Karena selama ini BPD di Kabupaten Probolinggo belum memiliki wadah organisasi.

"ABPEDNAS merupakan tempat bagi aspirasi BPD yang dinilai banyak memberikan manfaat serta aspek positif bagi lembaga BPD," ujarnya.

Sehingga secara otomatis kapasitas pemahaman tentang peran dan fungsi keberadaan  BPD di desa se Kabupaten Probolinggo akan terwujud.

"Ini harapan kita bersama.Sehingga BPD tidak lagi menjadi organisasi pelengkap Desa namun BPD nanti mampu menerjemahkan peran dan fungsinya sesuai regulasi dan aturan perundang undangan yang ada," ujarnya.

Dalam pembentukan kepengurusan DPC ABPEDNas di Kabupaten Probolinggo, sesuai dengan arahan DPD ABPEDNas Jawa Timur ditargetkan akan terbentuk pada awal tahun 2022 mendatang.

"Insyaaalllah dalam Januari tahun 2022 mendatang ke DPC ABPEDNas sudah bisa terbentuk," tandas Mahfud.*

Pewarta : Taufiq

TerPopuler

> Whatsapp-Button