Bupati Kukuhkan Dewan Hakim MTQ dan Lantik MUI Siak

Sabtu, 11 Desember 2021, 12/11/2021 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Siak - Berlangsung di Balai Datuk Empat Suku Komplek Perumahan Dinas Bupati dan Wakil Bupati Siak, Sabtu (11/12/21), Bupati Siak Drs. H. Alfedri, M.Si. mengukuhkan Dewan Hakim MTQ Kabupaten Siak ke XXI Kecamatan Dayun 2021.  

Kepada para dewan hakim, Bupati mengamanahkan sebagai tim penentu prestasi para qori/ah asal Kabupaten Siak, untuk mengikuti event yang sama di tingkat Provinsi. 

Bupati dalam sambutannya menyampaikan selamat atas pengukuhan dan menyebut, meskipun pelantikan ini tidak seperti biasanya, karena dilakukan tidak bersamaan saat acara pembukaan MTQ. 

"Ini lebih baik, karena pengukuhan tidak  dilakukan bersamaan dengan acara pembukaan MTQ. Jadi bisa hemat waktu nanti dalam kegiatan pembukaan, hingga waktu berkumpul bisa dipersingkat dan dipercepat. Ini juga bentuk dukungan untuk menerapkan protap kesehatan dalam pencegahan pandemi Covid," sebut Bupati.

Dikesempatan tersebut, Bupati juga menjelaskan, meskipun dalam stuasi covid, Kabupaten Siak masih tetap melaksanakan MTQ tingkat Kabupaten, hanya saja benar-benar disesuaikan dengan protap kesehatan. Sementara untuk tingkat provinsi, yang sedianya berlangsung di Kabupaten Pelalawan tahun ini ditiadakan.


"Bahkan demi menjaga protap kesehatan itu, Siak memberlakukan jemput antar kepada para qari/ah yang bertanding ke masing-masing kecamatan pada pelaksanaan MTQ tahun 2020 kemarin," ulasnya. 

Ditambahkannya, mengenai siapa yang akan diambil untuk mewakili Kabupaten Siak pada MTQ Provinsi Riau tahun depan, maka sepenuhnya kita serahkan ke pihak LPTQ Kabupaten Siak menyeleksinya.

Semoga pelaksanaan MTQ ini berjalan sukses dan lancar. Dan semoga Kabupaten Siak bisa menghasilkan Qori dan Qori'ah yang semakin baik dengan melalui pembinaan - pembinaan. 

"LPTQ juga bisa membuat program-program yang strategis dan bagaimana pembinaan terhadap Qori dan Qori'ah bisa lebih awal, jadi bisa membawa nama baik Kabupaten Siak dievent - event MTQ baik tingkat Provinsi maupun ditingkat Nasional," harap Alfedri.

Pada kesempatan yang sama, Alfedri juga mengucapkan Tahniah dan apresiasi kepada MUI Kabupaten Siak yang baru saja dikukuhkan dengan Ketua KH. Muhaimin pada Musda yang lalu dengan masa 5 tahun.

"Mudah-mudahan Allah membimbing dan memberkahi seluruh pengurus MUI, sehingga apa tugas-tugas MUI membuat fatwa untuk membimbing umat pengawasan aliran kepercayaan bisa bertugas dengan baik," ujar Alfedri.*

(Gunawan. S)

TerPopuler

> Whatsapp-Button