Bupati Simalungun Serahkan BLT Kepada Buruh

Kamis, 30 Desember 2021, 12/30/2021 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Simalungun - Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga didampingi Sekda Esron Sinaga  menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada warga khususnya buruh tani/buruh pabrik rokok yang berdomisili di Kabupaten Simalungun.


Pemberian BLT tersebut dilaksanakan di rumah dinas Wakil Bupati Simalungun Jalan Suri-suri Pematang Simalungun, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun, Sumut, Kamis (30/12/2021).


Dalam sambutannya, Bupati mengatakan, bahwa penyaluran BLT merupakan salah satu program pembinaan dilingkungan sosial dalam rangka pemulihan ekonomi di Kabupaten Simalungun, kepada 100 orang warga khususnya buruh tani/buruh pabrik rokok yang berdomisili di Kabupaten Simalungun, yang disalurkan melalui rekening bank masing-masing.


"Mengingat prokes, maka bantuan ini diserah secara simbolis, untuk menghindari penyebaran Covid-19. Bantuan ini untuk membantu memenuhi kebutuhan keluarga, meskipun jumlah belum dapat memenuhi seluruh kebutuhan keluarga, akan tetapi ini bentuk kepedulian Pemkab Simalungun kepada warganya yang membutuhkan," kata Bupati.


Disampaikan Bupati, bahwa batuan tersebut merupakan bentuk kepedulian pemerintah pusat melalui Pemkab Simalungun untuk masyarakat.


"Ini patut kita syukuri, dengan cara ikut memberikan dukungan kepada pemerintah, karena harapan kita ke depan masyarakat dalam menjalani kehidupannya mempunyai kemandirian, ini dibutuhkan sinergi dan kerjasama antara masyarakat dengan pemerintah untuk meningkatkan kemandirian warganya dan menyiapkan lapangan kerja bagi warganya," kata Bupati.


Menyinggung tentang kartu si-Kerja, Bupati mengatakan, bahwa kartu si-Kerja diberikan kepada yang membutuhkannya, tidak diberikan kepada pengusaha atau kehidupannya yang sudah sejahtera atau mapan.



Terkait dengan penyaluran pupuk bersubsidi, Bupati juga mengatakan akan membuat sebuah perangkat agar benar-benar penyalurannya tetap sasaran.


"Kartu si-Kerja ini salah satu dasar kita agar fasilitas pemerintah benar-benar sampai ke warganya. Jadi bukan hanya BLT, termasuk bea siswa untuk pendidikan dan sekarang ada di USI kita persiapkan untuk berangkat ke Jerman, itu juga program dari si-Kerja ini," jelas Bupati.


Bupati juga menyampaikan, masih banyak program kartu si-Kerja, termasuk salah satu fungsinya untuk memastikan program pemerintah itu dapat di nikmati oleh warga yang membutuhkannya.


"Jadi, selamat kepada penerima BLT masing-masing sebesar RP. 1.972.359. Gunakanlah bantuan ini dengan sebaik-baiknya untuk kebutuhan keluarga, apalagi dalam menjelang tahun baru ini," kata Bupati.


Selain itu, Bupati juga mengingatkan warga untuk tetap mentaati protokol kesehatan, untuk menghindari penyebaran Covid-19.


"Apalagi ada varian baru disebut unicorn, janganlah sampai terpapar dengan unicorn ini karena dampaknya lebih berbahaya dari Covid-19. Untuk itu, tetap ikuti prokes, hindari kerumunan, selalu memakai masker, selalu cuci tangan agar kita tidak terpapar varian ini," katanya.


Sebelumnya, Kabag Sumber Daya Alam Ramadhan Damanik melaporkan, bahwa dana penyaluran BLT kepada masyarakat khususnya buruh tani/buruh pabrik rokok dari Dana Bagi Hasil (DBH) Cukai Hasil Tembakau (CHT) Kabupaten Simalungun tahun 2021, yang diberikan kepada 100 orang buruh tani/buruh pabrik rokok yang berdomisili di Kabupaten Simalungun.


Tampak hadir antara lain Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ramadhani Purba, Kadis Pertanian Ruslan Sitepu, Plt Kadis Kesehatan dr Lidya R Saragih, Plt Kadis Tenaga Kerja Riando Purba, mewakili Bappeda Iqbal, mewakili Kakankemenag H. Amri Sam Simamora, camat Siantar Elyanto Purba, mewakili Disperindag Pridaningsih Purba.*


(PN)

TerPopuler

> Whatsapp-Button