Dandim 0822 Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Bondowoso 2021

Kamis, 23 Desember 2021, 12/23/2021 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Bondowoso - Dandim 0822/Bondowoso Letkol Kav Widi Widayat, ST., menghadiri apel gelar Pasukan Operasi Lilin Intan 2021 dalam rangka pengamanan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 dengan Inspektur Upacara Bupati Bondowoso Drs. KH. Salwa Arifin bertempat di Lapangan Mapolres Bondowoso Jl. Veteran No. 01 Bondowoso, Kamis (23/12/2021).

Turut hadir dalam apel gelar Pasukan Operasi Lilin 2021; unsur Forkopimda Bondowoso dan pasukan upacara 1 SST Yonif Raider 514/SY, 1 SST Kodim 0822, 1 SSK Polres Bondowoso, 1 SSR Dishub Bondowoso, 1 SST Satpol PP, 1 SSR Dinkes Bondowoso, 1 SSR BPBD Bondowoso dan 1 SSR Saka Bhayangkara. 

Dalam kesempatan tersebut Bupati Bondowoso Drs. KH. Salwa Arifin membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Drs.Listyo Sigit Prabowo,M.Si bahwa Apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir persiapan pelaksanaan operasi lilin 2021 dalam rangka pengamanan perayaan natal tahun 2021 dan tahun baru 2022 baik pada aspek personel maupun sarana prasarana serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI dan lainnya.

Menurutnya, perayaan natal dan tahun baru oleh masyarakat secara universal dirayakan melalui kegiatan ibadah dan perayaan pergantian tahun di tempat-tempat wisata yang akan meningkatkan aktivitas pada pusat keramaian peningkatan aktivitas masyarakat ini tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas gangguan ketertiban lalu lintas dan pelanggaran protokol kesehatan Covid 19.

"Operasi lilin 2021 akan dilaksanakan selama 10 hari mulai dari tanggal 24 Desember 2021 sampai dengan tanggal 2 Januari 2022 dengan mengedepankan kegiatan pre-ventif dan preventif secara humanis serta penegakan hukum secara tegas dan profesional, sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan tahun baru dengan rasa aman dan nyaman dalam pelaksanaan pengamanan Natal dan Tahun baru," tutur Bupati Bondowoso.

"Kegiatan ini tidak dianggap sebagai agenda rutin tahunan biasa sehingga menjadikan kita cenderung dan kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat apalagi di masa pandemi Covid 19 saat ini kita harus lebih peduli jangan sampai kegiatan perayaan natal dan tahun baru menimbulkan cluster cluster baru penyebaran covid-19," jelas KH Salwa Arifin.

Lebih lanjut, Bupati Bondowoso menyampaikan bahwa ganguan kamtibmas dan ancaman keamanan harus kita antisipasi seperti ancaman terorisme dan radikalisme ancaman sabotase aksi perusakan fasilitas umum aksi kriminalitas seperti curat curas curanmor tawuran antar kelompok pemuda atau antar kampung balap liar kemacetan dan kecelakaan lalu lintas maupun ancaman bencana alam seperti banjir dan tanah longsor sebagai dampak dari musim penghujan.

"Untuk itu saya harapkan seluruh mampu menentukan langkah antisipasi yang proaktif dan aplikatif serta cara bertindak yang tepat efektif dan efisien dalam mengatasi berbagai potensi gangguan yang ada sesuai dengan karakteristik masing-masing daerah," jelasnya.

Bupati Bondowoso juga membacakan penekanan Kapolri dalam mendukung pelaksanaan tugas di lapangan diantaranya :
1. Siapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa.

2. Lakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang sebagai langkah antisipasi sedini mungkin untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat.

3. Tingkatkan kepekaan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum Natal 2021 dan perayaan tahun baru 2020.

4. Laksanakan pengamanan secara profesional dan berikan pelayanan terbaik dan perlengkapan perorangan yang memadai.

5. Lakukan penugasan anggota dengan sistem melaksanakan penegakan hukum secara profesional.*

(suwaris)
Editor : Taufiq
Sumber : Pendim 0822 Bondowoso.

TerPopuler

> Whatsapp-Button