DPD IPK Labusel Gelar Pelatihan Jurnalistik Untuk Para Pelajar

Sabtu, 11 Desember 2021, 12/11/2021 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Labusel - Dewan Pengurus Daerah (DPD) Ikatan Pemuda Karya (IPK) Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel) yang di Pimpin Abdul Situmorang pada Sabtu (11/12/21) menggelar pelatihan Jurnalistik terhadap puluhan Siswa dan Siswi tingkat SMA dan SMK KH Dewantara. Dalam acara tersebut, Panitia tetap mematuhi protokol kesehatan Covid 19. 

Pelatihan tersebut mendatangkan narasumber dari Kadis Infokom Labusel Muhammad Ihsan, S.St., M.A.P., kemudian Deni Syafrizal Daulae dari wartawan Waspada dan Kevin Sinaga dari wartawan Metro TV wilayah Labuhanbatu Raya.

Acara tersebut dilaksanakan di Aula Kantor Camat, Jalan Istana Kota Pinang, dan dihadiri Bupati Labusel H. Edimin yang diwakili Sekda Labusel Hery Wahyudi Simatupang, S.I.P., M.A.P. Kemudian Kadis Infokom Labusel M. Ihsan, S.S.T.P., M.A.P., kemudian Kepala BNPB Labusel Hairil, S.H. Pelatihan tersebut mengangkat tema "Bijaksana Dalam Menulis".

Acara diawali menyanyikan Lagu Indonesia Raya kemudian do’a. Ketua Panitia Pelatihan Jurnalistik Acep, dalam sambutannya atas nama panitia mengucapkan terima kasih kepada Sekda, Infokom, Kepala BNPB Labusel dan para narasumber dan para peserta pelatihan Jurnalistik.

"Kegiatan ini kami laksanakan atas perintah Ketua DPD IPK Kabupaten Labusel, yang kegunaannya agar para peserta dapat memahami cara menulis dengan baik, agar tidak terjebak hukum," ujar Acep.

Ketua DPD IPK Labusel Abdul Situmorang sangat berterima kasih atas keringanan langkah Sekda hadir di acara pelatihan Jurnalistik ini, demikian juga Kadis Infokom yang turut sebagai pemateri dalam pelatihan ini kemudian kepala BNPB juga sebagai Gugus Tugas Satgas Covid 19 dan 2 narasumber lainnya.

"Perlu saya sampaikan kepada Pak Sekda, kami dari DPD IPK Labuhanbatu Selatan memandang, di zaman digitalisasi ini perlu memberikan pemahaman pada regenerasi kita tentang tata cara jurnalis atau menulis baik di media online ataupun di media sosial, karena kita banyak melihat di zaman digital ini yang salah menulis bisa terjebak hukum karena tidak mengerti, seperti pribahasa mulutmu adalah harimau mu,  tapi sekarang jarimu adalah harimau mu," paparnya.

Maka perlu kita memberi pelatihan pada anak-anak tingkat SMA dan SMK, agar ke depan mereka mengerti tata cara menulis yang baik.

"Dengan tidak mengurangi rasa hormat saya kepada Pak Sekda Labusel dan para peserta, untuk mendorong anak-anak kita mau reorganisasi, agar jangan mereka memandang OKP itu peremanisme gunakan organisasi itu seperti IPK. Kami ditekankan agar memberikan pemahaman pada masyarakat maka kami mengharapkan, agar Pak Sekda berkenan memberi arahan dan bimbingan pada anak-anak kita dan sekaligus membuka acara pelatihan Jurnalistik ini," paparnya.

Sekda Labusel Heri Wahyudi, sebelum membuka acara tersebut terlebih dahulu memberikan arahan dan bimbingan dalam menyampaikan kata sambutannya.

"Atas nama Pemerintah kami mengucapkan terima kasih pada DPD IPK Labusel. Seyogyanya Pak Bupati hadir di acara ini, tapi mohon maaf dari dia saya diutus kemari berhubung Bapak Bupati ada kegiatan yang serentak, yaitu menghadiri acara di Pondopo," ujar Sekda.

Sekda juga mengapresiasi DPD IPK Labusel, karena sudah memberikan pelatihan Jurnalistik kepada anak-anak sekolah.

"Ini sangat penting di zaman digital, agar para anak kita mengerti mengatur kata-kata terbaik dalam tata cara menulis, agar tidak terjebak hukum. Maka saya harapkan, agar putra putri kita yang mengikuti pelatihan Jurnalistik ini mendengar apa yang disampaikan narasumber nantinya," ucap Sekda mengakhiri.*

(K. Sipahutar)

TerPopuler

> Whatsapp-Button